4 Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis

Sejak duduk di bangku sekolah menengah atas/kejuruan biasanya kita sudah mengenal dengan yang namanya akuntansi. Tentu saja akuntansi sudah banyak di kenal oleh kebanyakan pengusaha dan staff akuntansi. Peran akuntansi ibaratnya sebagai tulang punggung suatu bisnis. Namun ternyata juga ada yang belum mengenal apa itu akuntansi.

Akuntansi adalah sebuah manajemen keuangan dalam bisnis Anda. Keluar masuknya keuangan dalam bisnis Anda bisa menggunakan sistem akuntansi. Dengan menggunakan Akuntansi, bisnis Anda akan sangat terbantu. Tidak akan ada lagi harta keluar secara tidak jelas dalam bisnis Anda.

Kebetulan sekali, yang akan dibahas kali ini adalah 4 Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis. Pembahasan ini ditujukan kepada Anda yang belum menegerti atau baru memulai menggunakan Akuntansi dalam bisnis Anda. Adapun 4 peran tersebut adalah:

  1. Menyediakan Informasi dan Jawaban Terkait Keuangan.
    Peran akuntansi yang paling dasar adalah kemampuannya dalam menyediakan informasi dan jawaban terkait semua kegiatan keuangan bisnis Anda. Segala sesuatu data keluar masuknya keuangan dalam bisnis Anda akan dicatat dalam sistem Akuntansi, sehingga menguntungkan Anda dan karyawan Anda dalam mengukur kondisi perusahaan. Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai menyusun pembukuan dan rutin untuk memperbarui datanya. Sangat disarankan bila Anda menggunakan sofrware akuntansi yang akurat dan tepat seperti BeeAccounting yang sudah banyak sekali fiturnya. Dengan begitu, Anda dan karyawan Anda bisa selalu memperbarui pembukuan secara real-time dan cepat.
  2. Alat Pengontrol dan Pengelola Keuangan.

    4 Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis
    Alat Pengelola Keuangan.

    Melalui akuntansi Anda dapat mengetahui segala data keuangan bisnis Anda. Dari data tersebut, informasi apa saja yang Anda dapatkan? Apakah keuangan Anda lancar? Apakah karyawan Anda sudah benar dalam mengelola keuangan? Seberapa besar pendapatan Anda selama ini? Apakah ada peningkatan? Atau malah terjadi penurunan? Informasi-informasi tersebut menempatkan akuntansi sebagai alat pengontrol dan pengelola keuangan. Dengan adanya informasi keuangan, Anda bisa mengevaluasi atau menilai usaha/bisnis Anda.

  3. Memudahkan Stakeholders Mengambil Keputusan
    Berkat adanya analisa dan evaluasi untuk kemajuan bisnis, stakeholders atau para pemegang saham akan lebih mudah untuk mengambil keputusan. Hal ini sangat membantu karena stakeholders tidak bisa mengambil investasi karena ketidak adanya laporan finansial yang akurat. Maka dari itu, akuntansi yang menyediakan seluruh laporan tersebut. Lebih baik lagi, akuntansi dapat menyediakan segala sesuatu informasi yang dibutuhkan stakeholders
  4. Hubungan Kedua Belah Pihak
    4 Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis
    Hubungan Kedua Belah Pihak

    Dari pembahasan di atas, ada satu lagi peran akuntasi yang tidak boleh dilewatkan. Akuntanis tidak hanya berhubungan dengan dalam perusahaan saja, tetapi juga berhubungan dengan luar perusahaan. Stakeholders juga salah satunya. Namun akuntansi bagi para akuntan, dapat menjadi sebuah jembatan untuk melakukan closing dengan vendor atau dari pihak ketiga lain. Berdasarkan data keuangan yang dimiliki, akuntan dapat mengolah mana harga yang sudah masuk akal atau belum. Dan tidak hanya itu saja, para akuntan juga bisa menjadi penghubung antara perusahaan dengan pemerintah untuk membayar pajak dan para auditor.

Dari 4 Peran tersebut, masihkan Anda ragu dalam mempelajari ilmu akuntansi? Sebagai orang yang awam dalam akuntansi, masih ada harapan untuk membuat bisnis Anda menjadi sukses. Apabila Anda kesulitan dalam mempelajari akuntansi, maka Anda bisa mengunjungi website Beeaccounting. Disana Anda dapat mempelajari akuntansi dalam waktu 15 menit. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: