5 Tahapan Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya

Anda seorang blogger? Sudahkah Anda mendapatkan uang dari blog Anda? Memang sangat mengasyikkan jika kita bisa mendapat penghasilan dari blog yang kita kelola. Untuk menghasilkan uang dari bogging (kegiatan mengelola blog) kita perlu memonetasi blog kita. Tapi semua itu membutuhkan proses. Tidak mungkin jika kita baru membuat blog lalu bisa menghasilkan uang. Ada tahapan yang harus kita lalui.
Namun apa saja tahapan bagi blogger menghasilkan dari blognya? Berikut ini adalah penjelasannya.
1. Pembuatan Blog
Tahapan pertama bagi semua orang yang ingin menghasilkan uang dari kegiataan mengelola blog adalah membuat blog. Kalau tidak membuat blog, lalu apa yang bisa dilakukan? Tentu saja kita harus membuat blog untuk di monetasi. Namun ada strategi yang perlu Anda ketahui untuk membuat blog yang menghasilkan, diantaranya:
  • Mengenali calon pembaca blog kita. Hal ini perlu Anda rencanakan sebelum membuat blog. Ada kalanya kita merencanakan blog yang akan dibuat untuk calon pembaca kita. Misalnya calon pembaca kita adalah orang yang ingin belajar masak. Maka kita bisa membuat blog tentang resep makanan, tips memasak dan lainnya.
  • Membuat niche blog yang baik dan sesuai dengan kemampuan kita. Seperti yang dibahas di atas, setelah mengenali calon pembaca blog, maka kita harus membuat niche yang baik sesuai dengan kemampuan kita. Hal ini bertujuan agar blog yang kita miliki bisa diketahui banyak orang.
  • Membuat blog yang responsive template. Ada kalanya jika ada pengunjung blog kita menggunakan perangkat mobile, maka kita perlu menggunakan template yang responsive. Tujuannya agar pengunjung bisa nyaman dengan tampilan yang menarik.
  • Memosting sesuatu yang menarik dan disukai pembaca. Jarang sekali para blogger yang memosting artikel yang menarik. Dampaknya banyak juga blogger yang belum bisa menghasilkan uang. Maka dari itu, buatlak postingan yang menarik dan disukai pembaca.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Blog yang Benar untuk Bisnis Online

2. Memiliki 100 Pengunjung Blog Setia.
Untuk bisa menghasilkan uang atau memonetasi blog, Anda belum bisa hanya mengandalkan faktor dari dalam saja. Anda perlu keluar mencari jaringan yang luas untuk bisa memiliki pengunjung blog Anda. Karena semakin banyak orang pengunjung, maka jauh lebih besar kemungkinan atau peluan Anda bisa menghasilkan uang dari blog.
Bagaimana cara memiliki banyak pengunjung blog setia? Di bawah ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan.
  • Menjadi Penulis Tamu Blog Orang Lain.Menjadi penulis tamu atau yang biasa disebut dengan ‘Quest Blog’ adalah sebuah kegiatan dimana Anda membuat artikel ini blog orang lain. Menjadi penulis tamu bisa membuat blog Anda lebih dikenal banyak orang. Karena Anda akan mendapatkan link yang bisa Anda tujukan pada blog Anda. Selain menjadikan blog terkenal, Anda akan dipandang sebagai penulis yang baik.
  • Promosi di Google Adword.Jika Anda memiliki budget, maka Anda bisa melakukan sebuah promosi yang berbayar yaitu dengan memanfaatkan Google Adword. Google Adword adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh google dengan tujuan untuk mengiklankan sebuah form atau perusahaan yang kita miliki. Dengan ini blog yang Anda miliki akan di iklankan oleh google guna menjaring pengunjung blog setia.
  • BlogwalkingTidak hanya memposting, memasang wiget, dan mengatur template saja yang dilakukan oleh seorang blogger. Blogwalking juga harus dilakukan oleh blogger. Blogwalking adalah sebuah kegiatan dimana kita harus mengunjungi dan memberi komentar pada blog orang lain. Dengan melakukan blogwalking, maka blog yang kita miliki akan ramai oleh pengunjung.
  • Sosial Media dan SEO.Teknik lain untuk mendapatkan banyak pengunjung adalah dengan memaksimalkan sosial media dan SEO. Seo (search Engine Optimization) adalah sebuah metode dimana kita harus bisa menjadikan blog kita agar bisa menjadi pencarian nomer 1 di google. Selain itu Anda juga harus memaksimalkan sosial media agar mendapat pengunjung dari sosial media.

    Baca Juga: Inilah Cara Praktis Mendatangkan Trafik Website Dari Facebook

3. Membangun Otoritas Blog.

Membangun otoritas adalah membangun konsistensi dalam mengelola blog. Sama halnya dengan bisnis, Anda tidak ingin kehilangan konsumen atau pengunjung blog setia Anda. Maka dari itu Anda harus konsisten membuat artikel yang menarik dan rutin.

4. Mulai Monetasi.

Setelah Anda berjuang keras membangun blog dan mempunyai trafik yang tinggi, maka kini saatnya memulai monetasi. Monetasi adalah sebuah kegiatan menghasilkan uang. Cara mendapatkan uang dari blog adalah dengan memasang iklan. Anda bisa mendaftar di Google Adsense dan memasang iklannya.

Selain Google Adsense, ada juga situs lain yang menawarkan pemasangan iklan di blog. Hal ini disebut PPC (Pay Per Click). Anda akan dibayar per klik yang dilakukan pengunjung blog Anda. Banyak yang menyediakan sistem ppc, diantaranya: Adsense Champ, Chitika, Kumpulblogger, dan masih banyak lagi.

Anda Mungkin Tertarik:  Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog?

5.  Mendapatkan Bayaran.

Tahapan terakhir menhasilkan uang yaitu adalah ya mendapat bayarannya. Banyak bayaran yang Anda dapat tergantung strategi Anda dalam memonetasi blog. Anda bisa mendapat bayaran karena hasil dari kerja keras Anda selama ini. Ingat proses ini bukanlah proses instan. Anda harus berjuang dan bekerja dengan keras hingga bisa membuat blog Anda menghasilkan uang.

Baiklah itu dia 5 Tahapan Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya. Semoga bermanfaat dan bila ada yang kurang, Anda bisa menambahkan di komentar. Terima Kasih atas kunjungan Anda.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)

Written by

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

14 thoughts on “5 Tahapan Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *