5 Tips Ampuh Memulai Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula

Bisnis makanan ringan saat ini sepertinya sedang naik daun, hal ini dibuktikan dengan semakin banyak bermunculan stand penjual makanan ringan dengan berbagai bentuk dan varian rasa. Bukan hanya mengadopsi taste (rasa) dari luar negri, berbagai makanan ringan tradisional Indonesia juga banyak yang dimodifikasi dengan lebih unik dan menarik.

Berkaca dari kesuksesan para pebisnis makanan ringan yang sudah berhasil, hal tersebut rupanya seolah menjadi cambuk terutama bagi kalangan muda untuk lebih kreatif dan inovatif. Sehingga tidak heran jika trend bisnis ini menjadi sangat diminati. Jika Anda berencana memulai untuk membuka sebuah bisnis dengan produk makanan ringan, maka tips memulai bisnis makanan ringan di bawah ini bisa menjadi referensi Anda:

  1. Utamakan Kualitas Rasa.
    Pernah mendengar slogan seperti ini “Kemasan boleh bagus tapi rasa ngga bisa bohong”? Ya, kualitas rasa merupakan hal yang paling penting dan perlu untuk diperhatikan. Sebab menjual makanan tidak bisa hanya dengan mengandalkan desain kemasan. Jika rasanya enak maka konsumen tidak akan segan untuk berlangganan dengan Anda.
  2. Kreatid dan Inovatif.
    Untuk menciptakan sebuah produk makanan ringan yang bisa diterima oleh pasar hari ini, maka Anda harus update dengan permintaan konsumen. Dan karena saat ini konsumen sangat tergila-gila dengan produk kekinian, maka Anda dituntut untuk membuat sebuah varian yang lebih kreatif. Baik dalam segi rasa, bentuk kemasan, tehnik pemasaran dan juga harga.
  3. Harga Bersahabat.
    Dalam memulai sebuah bisnis makanan ringan, cobalah untuk memberikan harga yang hemat dan bersahabat kepada konsumen. Jika bahan baku memang mahal, maka lebih baik mengurangi isi sedikit dibandingkan menaikan harga produk. Harga yang murah dengan isi lebih sedikit, akan lebih mudah diterima oleh pasar.
  4. Strategi Marketing.
    Sebelum memulai bisnis, pastikan Anda sudah menyiapkan strategi atau pemasaran, baik secara online maupun offline. Hal ini dilakukan guna menghindari kerugian apabila produk tidak laku. Meskipun makanan ringan sangat laris manis, tapi saingan Anda juga sangat banyak. Jika Anda seorang pemula, maka ada baiknya meminta dari teman atau kerabat yang berpengalaman. Namun jika tidak ada, maka di internet ada banyak strategi marketing yang bisa Anda terapkan.
  5. Branding Image.
    Baik melakukan penjualan secara offline ataupun online, Anda harus bisa branding image di mata para konsumen. Salah satunya adalah dengan tetap mempertahankan kualitas produk, menyediakan layanan yang baik (menangani keluhan konsumen dan menjawab dengan ramah).

Jenis Makanan Ringan Kekinian Paling Laris.
Berbicara mengenai jenis bisnis makanan ringan yang sedang diminati saat ini, maka di bawah ini adalah berbagai variasi produk makanan yang direkomendasikan kepada Anda:

  1. Roti bakar
    Meskipun terlihat sangat sederhana, nyatanya bisnis roti bakar saat ini sangat diminati. Terlebih dengan hadirnya beragam varian rasa seperti green tea dan sebagainya. Sasaran dari usaha makanan ini tentunya adalah anak muda kekinian.
  2. Jus
    Usaha jus memang tidak membutuhkan banyak modal dan juga keahlian khusus, namun peminatnya sangat banyak. Selain enak, jus juga sangat sehat dan baik untuk kesehatan tubuh.
  3. Makaroni
    Pastinya Anda sudah pernah mendengar tentang bisnis makaroni yang tersedia dalam berbagai rasa, bukan? Ya, makaroni dengan aneka rasa ini memang menjadi cemilan yang sangat diminati generasi kekinian.
  4. Ceker ayam
    Sejak munculnya ceker ayam yang dimodifikasi dengan rasa super pedas, bisnis berjualan ceker ayam kini menjadi sangat laris di pasaran. Anda yang hobi memasak bisa langsung bereksperimen dengan bisnis jenis ini.
Nah teman-teman itulah dia 5 Tips Ampuh Memulai Bisnis Makanan Ringan untuk Pemulab yang dapat saya bagikan. Semoga Bermanfaat, dan Sukses selalu 🙂
Banyak berbagi Banyak Rezeki :)

Written by

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *