5 Tips Jitu Membangun Strategi Sosial Media yang Benar

5 Tips Jitu Membangun Strategi Sosial Media yang Benar

Di era modern ini tentu kita semua sudah mengetahui bahwa selalu ada media baru guna berbagai kebutuhan. Mengikuti perkembangan modern, yang biasa kita sebut sosial media selalu bertambah jumlah pengguna di setiap harinya. Sebenarnya, apa sih fungsi sosial media?

Pada umumnya sosial media digunakan sebagai alat komunikasi. Tujuan awal diciptakan sosial media adalah sebagai alat komunikasi dari jarak yang jauh. Tak heran, banyak orang memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk menghubungi teman atau saudara dari jarak jauh.

Apakah hanya sebagai sarana komunikasi saja? Tentu saja bukan. Sosial Media menjadi salah satu sarana pemasaran yang sangat baik, terutama beberapa tahun terakhir. Untuk kedepannya sosial media dilirik sebagai pasar yang cukup besar untuk membangun brand. Berikut 5 cara yang benar mendapatkan manfaat dari segi marketing di sosial media :

1. Mengerti dan mengukur tujuan Anda.
Anda harus mengetahui tujuan marketing yang harus dilakukan di sosial media. Apakah hanya sekedar memberi informasi atau mengenalkan produk Anda saja? Apakah juga untuk meninkatkan traffic ke website Anda? Apakah untuk meningkatkan penjualan Anda? Apakah sudah membangun loyalitas dengan pelanggan anda? Apapun tujuan Anda, itulah yang akan menentukan langkah berikutnya yang akan Anda ambil.

Ada beragam tujuan marketing di sosial media, dengan mengetahui tujuan dengan jelas maka Anda akan sangat mudah menemukan strategi yang dapat Anda terapkan. Tujuan yang akan Anda capai harus terukur tujuannya agar Anda mudah melakukan analisa terhadap stategi yang akan Anda ambil. Terukur dari segi waktu dan hasilnya, dengan begitu Anda akan mengetahui pencapaian yang Anda lakukan.

2. Memperhatikan dan mengawasi saingan Anda.
Saingan Anda adalah mereka yang menjual produk sejenis atau mereka yang menargetkan audiens yang sama dengan Anda. Dengan adanya saingan, Anda akan menjadi bersemangat mengembangkan strategi-strategi baru. Atau bahkan Anda bisa belajar dari kesalahan saingan Anda. Pelajari kiat-kiat sukses yang mereka lakukan. Dan Anda juga bisa pelajari setiap detail aktivitas media sosial mereka, dll.

3. Mengenal karakteristik pelanggan Anda.
Setelah mengetahui apa tujuan Anda dengan jelas, selanjutnya Anda harus mengenal karakter pelanggan/audiens Anda. Semakin spesifik karakter dari audiens Anda maka akan semakin baik pula hasilnya. Dengan demikian Anda bisa menarget orang yang tepat. Buatlah rincian pelanggan Anda dari segi kegemaran, usia, ketertariakn bidang tertentu dan lainnya.

4. Memilih media yang tepat.
Tidak semua sosial media sesuai untuk bisnis Anda. Pilihlah sosial media yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda harus dapat mengidentifikasi apakah sosial media tersebut dapat mencapai target audiens Anda. Fokuslah pada 1 atau 2 sosial media saja. Lebih dari 2 media social membuat Anda kewalahan, lain halnya jika brand Anda sudah sangat terkenal.

5. Membangun rencana konten yang bagus.
Dan terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengembangkan rencana konten dengan baik agar dapat menyampaikan materi dengan menarik. Buatlah konten yang menarik dan tidak monoton. Konten bisa berupa video pendek atau ulasan apa saja. Jadi tidak terus-menerus teks dan gambar saja. Terkadang konten Anda selingi dengan meme yang lucu juga bagus. Kreatiflah dalam membuat konten dan berikanlah konten yang bernilai bagi audiens Anda.

Saran saya, rencanakan strategy secara metang. Pikirkan strategi yang akan membuat bisnis Anda berkembang. Ketahui juga kendala apa yang akan Anda alami dan pikirkan solusinya.

Khusus untuk Anda yang telah berkunjung di Artikel ini, saya akan kasih Video “Sosial Media Strategi” secara GRATIS. Silahkan klik Gambar di bawah ini..

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *