5 Tips Membangun Blog yang Benar untuk Bisnis Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Blog adalah sebuah platform dimana kita bisa berbagi artikel yang bermacam-macam. Banyak orang membuat blog untuk keperluan pribadi mereka. Mulai dari untuk berbagi ilmu, media hiburan, kegiatan menghasil uang. Dan pasti Anda sudah tidak asing dengan blog. Disetiap kalangan memang sudah mengenal apa itu blog dan fungsi blog. Tetapi yang akan saya bahas bukan soal itu, melainkan tentang menghasilkan uang. Jadi yang dibahas pada artikel kali ini adalah 5 Tips Membangun Blog yang Benar untuk Bisnis Online.

Banyak orang diluar sana yang masih kurang paham tentang bagaimana blog yang benar untuk bisnis online. Alasan itulah mengapa saya menulis artikel ini. Tujuannya adalahh untuk membantu para pembaca sekalian untuk mengerti tentang blog yang benar untuk bisnis online. Setelah sudah mengetahui, barulah Anda bisa langsung segera Action.

Apa saja tipsnnya?

Melakukan Riset Kata Kunci

5 Tips Membangun Blog yang Benar untuk Bisnis Online
Lakukan Riset Kata Kunci

Sebagai langkah awal yaitu adalah Riset Kata Kunci. Sebelum membuat blog untuk bisnis kita, diperlukan sebuah rencana. Bagaimana kelak blog untuk bisnis online berjalan lancar? Agar Anda tidak perlu mengeluarkan banyak waktu atau uang, maka sebaiknya Anda memulai dengan Riset kata kunci. Tujuannya agar nantinya blog Anda banyak pengunjung. Tetapi pengunjung banyak jika tidak menjadi pembeli Anda apa gunanya.

Maka sebaiknya Anda memulai dengan menyediakan sebuah kertas kosong untuk menulis semua  kata kunci Anda. Pastikan kata kuncinya banyak dicari orang di Google. Buatlah kata kunci maksimal 3 kata (Biasa disebut kata kunci pendek). Kumpulkan semua kata kunci dan riset semua menggunakan Google Keyword Planner.

Menentukan Jenis Bisnis Online Anda.
Langkah selanjutnya ini sangatlah penting. Setelah Anda riset kata kunci, maka Anda juga harus menentukan jenis bisnis online. Anda juga harus bisa membedakan bisnis online Anda dengan yang lainnya. Beda jenis bisnis online, maka beda pula perancangan blog bisnis online. Jadi mana diantara berikut ini yang cocok untuk bisnis online Anda.

  • 1 Kategori produk dan 1 item. (Contoh: Kategori Online Marketing, produk yang dijual Ebook Tips Online Marketing). Untuk melakukan jenis bisnis online ini, maka diperlukan homepage khusus yaitu landing page. Mengapa harus Landing Page? Karena landing page adalah sebuah blog/website yang hanya fokus pada 1 halaman. Tetapi Anda bisa membuat halaman lagi. Isilah landing page tersebut dengan deskripsi dan promosi produk yang Anda jual. Anda juga wajib membuat halaman lagi untuk cara pemesanan dan yang lainnya. Buatlah juga artikel yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Misalnya yang Anda jual obat menghilangkan jerawat. Maka buatlah artikel Tips mencegah jerawat, atau yang lainnya.
  • 1 Kateegori produk dan banyak item (Contoh: Kategori Fashion, produk yang dijual meliputi baju, sepatu, celana dan lain sebagainya). Jenis ini hampir keseluruhan sama dengan diatas. Namun bedanya adalah untuk jenis ini memiliki banyak halaman untuk banyak item. Jangan difokuskan pada homepage karena telalu banyak variasi akan melemahkan fokus kata kunci. Homepage ditujukan untuk menguasai kata kunci umum. Kalau Anda merasa variasi produk sangat banyak maka dianjurkan membuat artikel penunjang.
  • Banyak kategori produk dan banyak item juga (Anda bisa menjual apapun). Kalau jenis bisnis online Anda seperti ini, maka Anda harus membuat blog yang cukup mengutamakan peranan dari halaman-halaman kategori. Itu berarti halaman muka, halaman kategori, dan halaman produk akan menjadi landing page untuk jenis bisnis online ini.

Merancang Landing Page pada Blog yang Akan Dibuat.
Landing page adalah sebuah halaman yang Anda harapkan menjadi tempat yang banyak orang akan mengunjuungi. Oleh sebabnya Anda wajib merancang landing page Anda agar pengunjung bisa yakin dengan produk yang Anda jual.

Prinsip yang sangat sederhana untuk membuat blog bisnis online adalah “kenakan kacamata konsumen” saat membuat blog Anda. Ada banyak sekali orang yang membuat beribu-ribu kata untuk mendeskripsikan produk guna menjelaskan kehebatan produk mereka.

Fakta membuktikan bahwa kebanyakan orang malas membaca.

Perhatikan bahwa 500 kata itu cukup untuk sebuah landing page. Cukup dalam artian memadai dengan SEO, dan cukup untuk menjelaskan deskripsi produk secara garis besarnya. Sangat disarankan tidak melebihi jumlah kata yang sudah ditentukan.

Berikut ini adalah desain landing page yang benar.

5 Tips Membangun Blog yang Benar untuk Bisnis Online
Desain landing page yang benar

Gunakan Domain Sendiri Pada Saat Membuat Blog Bisnis Online Anda.
Setelah selesai merancang blog bisnis online Anda, dan tampilan sudah bagus tidak banyak kata yang ditulis. Namun apakah sudah selesai? Tentu saja belum. Anda juga harus memikirkan hal ini. Yaitu adalah domain. Kebanyakan orang tidak akan percaya pada domain yang gratisan. Jika konsumen Anda adalah orang yang buta internet itu tidak masalah. Namun jika sebaliknya, Anda akan terlihat bonafid karena tidak mempu mengeluarkan uang 100rb per tahun untuk membayar sebuah domain.

Lakukan Optimasi Pada Blog Bisnis Online yang Baru Anda Buat.
Ini adalah langkah akhir. Jika semua sudah Anda kerjakan dengan baik dan optimal, sekarang Anda harus bisa membawa banyak orang untuk mengunjungi landing page Anda. Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai media promosi karena banyak sekali orang yang menggunakan sosial media. Biasanya juga banyak orang yang menggunakan jejaring sosial karena membutuhkan barang atau jasa sesuai kebutuhan.

Oke mungkin itu yang bisa saya sampaikan. Semoga Anda bisa membangun dan merancang blog bisnis online guna bisnis Anda. Dengan ini saya ucapkan Salam Sukses dan mohon maaf bila ada kata yang kurang atau ejaan dan lain sebagainya. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

16 thoughts on “5 Tips Membangun Blog yang Benar untuk Bisnis Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *