5 Tips Sukses Menjadi Reseller Pemula Tanpa Modal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Jika pada sebelumnya saya sudah membahas tentang bisnis modal kecil untuk mahasiswa, yang salah satunya merupakan bisnis reseller. Tentu saja memulai bisnis dengan menjadi reseller bisa dilakukan nyaris tanpa modal.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang mau punya bisnis yang penghasilannya sampai jutaan. Serius deh, banyak orang yang sudah sukses menjalankan bisnis reseller ini tanpa modal dan menghasilkan puluhan juta perbulan.

Tujuan Anda menjadi reseller adalah untuk memperoleh keuntungan dan menjadikannya sebagai penghasilan. Maka Anda harus mengikuti 5 Tips Sukses Menjadi Reseller Pemula Tanpa Modal berikut.

1. Memilih Produk yang Tepat

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah mengenaik produk. Anda tidak bisa sembarangan memilih produk karena tujuan Anda adalah memperoleh keuntungan dari bisnis reseller.

Memilih produk yang sudah banyak di pasaran boleh saja, asalkan Anda siap dengan persaingan antar penjual. Solusinya, coba cari produk dari brand terkenal karena Anda akan lebih mudah memasarkannya, meski sudah banyak saingannya.

Tips Memilih Produk yang Tepat untuk Bisnis Reseller

#1. Cari produk yang banyak peminatnya. Supaya menjadi penjual yang professional dan bisa terus menghasilkan profit, salah satu tips menjadi reseller sukses adalah dengan menjual produk yang banyak peminatnya.

Mencari produk yang banyak peminatnya memang bukan hal yang mudah. Anda harus melakukan riset terlebih dulu untuk memutuskan produk apa yang memang selalu ada peminatnya.

Anda bisa menemukan produk yang memang banyak peminatnya setiap tahun dengan cara memperhatikan pasar, amati sosial media dan analisi data di Google Trends. Atau Anda juga bisa memilih menjual produk yang banyak peminatnya tetapi sifatnya musiman.

#2. Cari Produk yang Besar Marketnya. Tips memilih produk yang tepat selanjutnya adalah masalah market. Supaya bisa menghasilkan banyak penjualan adalah memilih produk yang besar marketnya.

Market yang besar berbeda dengan produk yang peminatnya banyak. Bila Anda berjualan es kepal milo saat sedang trend tentu akan banyak yang minat.

Sedangkan jika besar marketnya, Anda bisa menarget banyak konsumen yang ada. Jika berjualan kaos dan berjualan jilbab tentu lebih besar market berjualan kaos karena Anda bisa menarget kalangan laki-laki dan juga perempuan.

#3. Cari Produk yang Harganya Murah. Jika sudah melakukan cara di atas maka selanjutnya adalah mencari produknya. Jika Anda menemukan beberapa pilihan, silahkan Anda pilih harga yang murah.

Harga yang dipilih tentu harga reseller yang harganya lebih murah. Semakin murah produknya, maka besar petensi Anda mendapatkan banyak profit dan keuntungan lainnya.

2. Memilih Supplier yang Tepat

Bisnis reseller tidak jauh dari yang namanya suplier. Memilih supplier bukan suatu hal yang sepele untuk dilakukan. Bisa saja Anda tidak akan sukses hanya karena kerjasama Anda dengan supplier tidak terjalin dengan baik.

Memang sudah banyak supplier yang saat ini menyediakan harga reseller. Namun tetap saja Anda wajib memilih supplier yang tepat agar bisnis reseller ini bisa jadi bisnis jangka panjang.

…Tips Memilih Supplier

  • Cari tahu latar belakang supplier. Coba Anda bandingkan beberapa supplier untuk menemukan yang terbaik. Anda harus mencari tahu latar belakang supplier yang menjadi tempat Anda membeli produk. Anda harus menelitinya agar tidak tertipu. Cari tahu juga feedback reseller lainnya sebelum bergabung.
  • Cara Bekerja sama? Hubungi supplier yang sudah Anda temukan dan ajak diskusi tentang cara kerja sama yang akan dilakukan. Anda juga bisa melakukan nego terhadap produk yang akan dijual. Ajukan juga sistem promo agar sama-sama menguntungkan.

3. Kenali Kompetitor Anda

Apakah Anda merasa bahwa Anda satu-satunya orang yang menjual produk A..?? Tentu saja tidak. Produk apapun pasti ada yang menjual. Pastikan Anda memiliki kompetitor dan cari tahu cara kerja kompetitor Anda.

Apabila Anda memiliki sedikit pesaing maka itu merupakan kabar menguntungkan bagi Anda. Semakin sedikit pesaing, semakin bagus untuk bisnis reseller Anda, karena Anda akan lebih bebas menarik pembeli.

Anda juga perlu mendata daftar reseller sejenis yang berada di satu kota yang sama atau dengan kota lain. Kunjungi website dan media sosial mereka. Perhatikan aktivitas promosi dan pemasarannya supaya Anda bisa membuat strategi penjualan yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis untuk Mahasiswa yang Menjanjikan

4. Membangun Sistem Pelayanan

Cara menjadi supplier sebenarnya cukup mudah. Anda harus menentukan cara sendiri untuk melakukan penjualan. Putuskan bagaimana produk Anda akan dipasarkan, bagaimana cara pengirimannya, berapa lama pengirimannya, dan seperti apa sistem pelayanan yang Anda berikan.

Mulailah mengatur waktu Anda untuk berbisnis. Anda bisa menjalankan bisnis ini sebagai usaha sampingan, tapi Anda juga harus membuat sistem yang jelas. Sehingga nantinya pembeli bisa mendapatkan layanan yang baik.

5. Mulai Memasarkan Produk Anda

Banyak orang yang hanya menggunakan media sosial untuk menjalankan bisnis reseller. Namun, untuk meningkatkan penjualan, pasarkan produk Anda di berbagai kanal penjualan online.

Manfaatkan media sosial populer seperti Instagram dan Facebook, daftarkan bisnis Anda ke beberapa website marketplace yang terkenal, dan bahkan Anda bisa membuat website toko online sendiri. Semakin eksis jualan Anda di internet, semakin mudah pula orang-orang menemukan produk Anda. Penjualan pun berpotensi meningkat drastis.

Rekomendasi Untuk Anda…

Sebuah penawaran khusus untuk Anda yang ingin menjadi Super Reseller, Silahkan Anda klik gambar di bawah ini..

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

1 thought on “5 Tips Sukses Menjadi Reseller Pemula Tanpa Modal

  1. Setelah sekian lama mencari, akhirnya saya menemukan artikel yang sesuai dengan keinginan dan ketertarikan saya di bidang bisnis.
    Artikel ini sangat inspiratif, terutama bagi saya yang masih pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *