7 Ide Bisnis Modal Kecil Kekinian Untuk Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Bukan suatu hal yang mustahil bila Anda adalah seorang mahasiswa yang punya keinginan untuk mendapatkan uang tambahan. Nantinya penghasilan yang Anda dapatkan bisa untuk meringankan biaya kuliah yang saat ini terbilang mahal.

Untuk bisa mendapatkan uang tambahan bagi mahasiswa adalah memulai bisnis. Biasanya banyak mahasiswa yang menginginkan bisnis modal kecil dan mudah untuk dijalankan. Untuk itu, artikel ini saya tulis untuk Anda.

Kalau ngomongin soal bisnis, sebenarnya ada banyak macam bisnis modal kecil yang bisa Anda jalankan. Namun terkadang beberapa orang juga bingung memilih karena saking banyaknya jenis bisnis yang bisa dijalankan.

Pada artikel ini, saya akan membahas beberapa ide bisnis yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda para mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dan tentunya semua bisnis mahasiswa yang disajikan berikut ini, berlabel usaha modal kecil dan bisa dikerjakan diwaktu senggang Anda.

Ide Bisnis Modal Kecil Kekinian Untuk Mahasiswa

Di saat memiliki kesibukan dalam menjalankan peran sebagai mahasiswa, ada baiknya Anda juga mulai memikirkan bisnis apa yang bisa menghasilkan uang.

Setiap mahasiswa punya motivasi sendiri dalam memulai bisnis, entah itu untuk sekedar menambah uang saku atau bahkan untuk membangun bisnis jangka panjang hingga sukses.

Apapun motivasi Anda saat ini, beberapa ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa berikut ini layak untuk dipertimbangkan.

1. Bisnis Jasa Pengetikan dan Printing

Jasa print dan pengetikan merupakan salah satu bisnis modal kecil untuk mahasiwa yang menjanjikan bila dikerjakan dengan serius.

Apalagi untuk Anda yang tinggal atau kost di seputaran lingkungan kampus, usaha ini sangat mennguntungkan meskipun hanya dilakukan sebagai sampingan.

Berbagai tugas dari dosen, makalah, hingga skripsi semuanya membutuhkan bantuan jasa ini. Nyatanya, dibanding mencetak tugas sendiri, masih lebih banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa print dan pengetikan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Alasan pertama karena tidak punya perangkat cetak (printer). Alasan kedua karena tidak mau repot atau tidak punya waktu atau bahkan tidak punya keterampilan untuk mengetik dan mencetak tugas. Dari sinilah peran jasa pengetikan dan printing sangat dibutuhkan.

…Tips Menjalankan Bisnis Pengetikan

#1. Keahlihan yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini adalah kemampuan dalam bidang pengetikan tersebut.

Kabar baiknya, terkadang pelanggan pengetikan atau print cenderung akan kembali apabila hasil jasa yang Anda berikan memuaskan.

#2. Kedua, tentu saja peralatan komputer dan juga printer. Apabila Anda tidak memiliki komputer dan printer, bisa diakali dengan meminjam teman atau membeli barang second yang harganya murah

#3. Persiapkan waktu. Sebenarnya peluang ampuh dari bisnis ini adalah bisa memberikan jasa kapanpun diperlukan.

Memang banyak jasa pengetikan dan print yang sudah menjamur, namun akan menjadi nilai tambah bila Anda bisa memberikan waktu kapanpun diperlukan.

2. Bisnis Menulis Artikel

Menjalankan bisnis menulis artikel merupakan bisnis kreatif mahasiswa yang cukup menjanjikan. Apabila Anda suka menulis atau memiliki kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan maka peluang bisnis untuk mahasiswa yang satu ini bisa jadi pilihan yang terbaik untuk Anda.

Bisnis mahasiswa yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak butuh modal yang besar, bahkan nyaris tanpa modal. Namun, Anda juga harus punya peralatan standar untuk menjalankannya, yaitu laptop dan koneksi internet yang cukup stabil.

Beruntung jika Anda memiliki hobi menulis karena bisnis ini bisa menjadi ajang kreativitas yang menyenangkan. Anda bisa menjalankan bisnis ini kapan saja dan di mana saja Anda mau. Bisnis online untuk mahasiswa memang banyak, tapi menurut saya ini adalah yang paling mudah untuk dikerjakan.

3. Bisnis Dropship atau Reseller

Seperti yang sudah diketahui banyak pengguna internet, bisnis ini merupakan bisnis yang mudah dan dengan modal kecil. Anda tidak lagi ribet mengelola stok untuk berbisnis, karena bisnis ini Anda hanya tinggal menjual kembali produk seseorang.

bisnis dropship merupakan model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Jadi, Anda tidak perlu modal untuk membeli barang dulu tapi lebih fokus pada proses pemasaran.

Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti instagram atau facebook untuk menjalankan bisnis ini. Karena saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan sosial media tersebut untuk berjualan online.

Baca Juga: Panduan Lengkap Jualan di Instagram Untuk Pemula Hingga Sukses

Atau Anda juga bisa memanfaatkan marketplace yang saat ini sedang booming seperti Bukalapak.com, Tokopedia.com, Shopee.co.id.

4. Bisnis Jasa Desain Grafis

Jika Anda memperhatikan perkembangan dunia digital saat ini, pasti akan melihat bahwa jasa desain grafis sangat banyak dicari di internet. Bisnis jasa desain grafis merupakan salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa yang sangat menguntungkan dan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya daya kreativitas tinggi.

Memang tidak semua orang bisa menjalankan bisnis ini. Anda harus punya skill desain dan juga imajinasi dan kreativitas yang tinggi agar mereka mau membeli desain Anda.

Namun jika Anda mampu memberikan desain yang professional, maka Anda pun akan mendapat banyak penghasilan hanya dalam 1 desain saja, apalagi kalau banyak yang beli di Anda?

Rata-rata harga desain untuk saat ini kisaran 500rb hingga 5 Juta. Anda bisa memberikan harga yang tinggi sesuai dengan hasil desain professional yang Anda buat.

5. Bisnis Les Private

Bisnis bimbingan belajar atau memberikan les privat cukup banyak juga dijalankan oleh para mahasiswa. Biasanya target marketnya adalah pelajar SMU yang ingin lulus UMPTN, atau pelajar SMP dan SD yang kesulitan mata pelajaran tertentu.

Bisnis ini terbilang bisa dijalankan dengan modal kecil. Atau lebih tepatnya sih nyaris tanpa modal. Anda yang punya pengetahuan yang luas bisa menjalankan bisnis ini. Terutama yang semasa sekolah selalu memperoleh peringkat teratas.

Anda bisa mulai dengan memberikan les private kepada tetangga-tetangga yang butuh pelajaran tambahan. Atau Anda bisa menawarkan dengan cara door to door.

6. Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa

Bisnis modal kecil untuk mahasiswa yang mudah dijalankan bahkan bisa dilakukan di rumah adalah bisnis kuliner. Banyak mahasiswa yang merasakan nikmatnya bisnis kuliner karena ini merupakan bisnis yang nggak ada matinya.

Jika Anda perhatikan, banyak sekali bisnis kuliner yang saat ini tengah dijalankan para mahasiswa, entah itu makanan ringan atau makanan utama. Untuk Anda yang jago masak, beruntung Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan modak kecil.

7. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah merupakan bisnis yang simpel sehingga banyak mahasiswa yang sudah memulai bisnis ini karena hanya membutuhkan keterampilan serta tidak membutuhkan modal yang besar dan banyak peralatan.

Cukup menyediakan laptop, gadget, atau komputer. Bisnis ini tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi bisa juga untuk pelajar ataupun orang umum yang memerlukan jasa penerjemah.

Untuk memulai bisnis ini, diperlukan keahlihan berbahasa asing. Bisnis ini cocok dijalankan mahasiswa jurusan bahasa, seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Belanda, dan bahasa lainnya.

 

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *