Bisnis Online

6 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Para Pebisnis Online

Apapun bisnis yang Anda kelola, Anda harus memiliki yang namanya hard skill dan soft skill agar bisnis Anda sukses. Kebanyakan pebisnis tidak memperhatikan soft skill yang dimiliki sehingga membuat bisnisnya tidak laku. Soft skill adalah kemampuan untuk diri sendiri dan orang lain. Sedangkan hard skill adalah kemampuan teknis Anda.

Penelitian membuktikan bahwa 80% soft skill yang Anda miliki dapat memicu bisnis Anda pada tingkat kesuksesan yang tinggi. Dari penilitian tersebut sangat jelas sekali bahwa Anda tidak boleh meremehkan soft skill

Lalu seperti apa soft skill yang wajib dimiliki para pebisnis online? Berikut ini adalah 6 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Para Pebisnis Online.

Baca juga : 4 Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis

  1. Kejujuran.
    Setiap orang memang diwajibkan untuk memiliki sifat yang jujur. Saat kita masih kecil memang sudah di ajarkan untuk bersifat jujur. Hal ini sangat penting bagi para pebisnis online. Mengapa? Karena pada bisnis online, pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung.

    6 Soft Skill wajib pebisnis online

    Kejujuran adalah segala aspek

    Ketahuilah bahwa banyak sekali pembeli yang sudah enggan untuk membeli suatu produk di toko online karena saat ini banyak sekali penipuan. Gambar yang ada pada toko online tidak sesuai dengan barang yang sudah diterima. Inilah penyebab tidak suksesnya suatu bisnis online. Alangkah baiknya jika Anda sudah dari awal menerapkan sifat jujur guna suksesnya bisnis online Anda. Karena kejujuran itu mewakili semua aspek.

  2. Kejelian.
    Pernahkan Anda mendengar kata kata berikut: orang gagal adalah orang yang menyia-nyiakan kesempatan, orang biasa menunggu kesempatan, orang sukses menciptakan kesempatan.Sudahkah Anda menerapkan sifat ini? Untuk menjelaskan sifat ini, ijinkan saya menjelaskan melalui sebuah contoh. Banyak orang yang setiap harinya berkumpul di dekat rumah Anda. Jika Anda jeli, Anda dapat menciptakan kesempatan tersebut dengan menjual produk kepada mereka.

    Jika sebaliknya, Anda hanya memperhatikan orang-orang yang berkumpul dan membuang kesempatan tersebut dengan tanpa menghasilkan uang. Ilustrasi ini mungkin hanya untuk bisnis offline. Namun yang penting adalah prinsipnya. Mulailah menciptakan sebuah kesempatan dengan kejelian.

  3. Keuletan.
    Soft skill berikutnya yang wajib dimiliki para pebisnis online adalah keuletan. Kemampuan ini akan menjadi pondasi kesuksesan bisnis Anda.Keuletan yang dimaksud adalah kemampuan pantang menyerah meskipun hasil yang Anda peroleh tidak sebanding dengan kerja keras Anda. Keuletan ini juga adalah tetap bekerja keras untuk mencapai hasil yang diinginkan. Anda tetap harus mengelola bisnis Anda dengan badan dan kepala tegak.

    Memang tidak mudah memiliki sifat keuletan karena butuh motivasi yang tinggi. Mungkin Anda perlu sering membaca artikel tentang pengalaman seseorang agar motivasi Anda semakin tinggi

  4. Konsisten.
    Bisnis online yang sukses itu bukan bisnis yang hanya dijalankan dalam waktu satu minggu saja. Disinilah Anda butuh soft skill yang bernama Konsisten.Jangan pernah menganggap kebanyakan orang yang sukses di dunia bisnis online hanya membutuhkan proses yang cepat. Mereka yang sukses adalah mereka yang sudah melewati proses yang sangat panjang dan itu juga tidak mudah untuk mereka lewati.

    Sebagai seorang pebisnis online, memiliki kemampuan konsisten itu wajib. Anda harus rutin memperbarui produk yang Anda jual. Jangan sampai stok kehabisan pada saat akan melakukan pengiriman. Anda juga harus konsisten untuk memperbarui konten agar lebih baik agar pengunjung semakin banyak.

  5. Keberanian.
    Bisnis online itu seperi masuk pada sebuah hutan belantara sehinnga wajib memiliki keberanian. Tentu saja bukan keberanian yang tanpa perhitungan, tetapi keberanian yang sudah diperhitungkan dengan cerdas.Sebagai contoh, Anda membidik 1 kata kunci yang persaingannya ketat di google. Untuk membawa konten Anda agar menjadi nomer 1 di google, Anda berani membangun sebuat Private Blog Network (PBN).

    Anda menekan resiko terkena Google Penguin dengan membangun PBN Anda di berbagai penyedia hosting dan mengisinya dengan puluhan artikel bermanfaat. Layaknya blog pada umumnya yang tidak semata-mata ditujukan untuk memberi backlink

  6. Kepemimpinan.
    Bisnis online yang berkelanjutan adalah bisnis yang dikerjakan secara team. Karena dikerjakan secara team, maka Anda perlu memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat sehingga mampu mengarahkan team agar mampu mencapai target.

    kepemimpinan yang kuat mampu mengarahkan team agar sukses

    Tanpa kepemimpinan yang kuat, team Anda cenderung bekerja sendiri-sendiri. Mereka hanya memikirkan target mereka sendiri tanpa memikirkan targer bisnis.

    Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan adalah melalui pengalaman orang laun atau sering membaca buku tentang kepemimpinan.

Nah itulah 6 Soft skill yang wajib dimiliki para pebisnis online. Pastikan Anda sudah memiliki 6 soft skill tersebut agar bisnis Anda dapat meraih kesuksesan. Dari 6 soft skill tersebut apa yang paling wajib dimiliki? Kasih tau kami melalui komentar dibawah yaa,. Semoga bermanfaat

Article written by Anggara Farhan

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Inilah 'RAHASIA' Melariskan Produk Anda dalam 30 hari >>Pelajari Disini<<
+ +
%d blogger menyukai ini: