7 Tips Marketing Saat Bulan Ramadhan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
tips marketing di bulan ramadhan

Tips Marketing di Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan berkah yang dinanti oleh hampir seluruh umat. Penantian bulan Ramadhan bisa terjadi karena beberapa alasan. Karena pada bulan ini setiap amalan yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya, banyak orang yang berbagi kepada orang lain atau alasan lainnya. Bahkan para pebisnis juga menikmati keuntungannya.

Misalnya pebisnis makanan, bahan pokok atau sembako, bisnis pakaian, mukena dan pebisnis lainnya yang ramai didatangi pelanggan ketika musim Ramadhan tiba. Jadi, Bulan Ramadhan bisa menjadi momen yang penting untuk menaikkan omset bisnis Anda. Nah, berikut ada 7 tips strategi marketing online di Bulan Ramadhan yang bisa Anda coba terapkan.

7 Tips Strategi Marketing Online di Bulan Ramadhan

Terdapat 7 tips strategi marketing online di Bulan Ramadhan yang perlu Anda pahami dengan baik dan bisa coba untuk dilakukan, diantaranya yaitu:

1. Strategi Harus Tepat

Persaingan bisnis pada Bulan Ramadhan tentunya sangat ketat. Hal ini berbanding lurus dengan permintaan pasar yang juga berjumlah tinggi. Jadi, Anda sebagai pebisnis harus mencari jenis produk yang pas dan benar-benar banyak dicari oleh target market atau pelanggan di Bulan Ramadhan. Biasanya jenis produk yang ramai dicari berhubungan dengan upaya pemenuhan kebutuhan puasa Ramadhan dan lebaran.

2. Produk yang Akan Dijual Sudah Siap

Stok produk yang Anda siapkan harus banyak seiring dengan permintaan yang tinggi. Jika Anda memiliki bisnis yang menjual produk barang dari produksi sendiri, maka sebisa mungkin produksi barang dilipatgandakan dari biasanya. Jangan sampai produk habis ketika konsumen menanyakan produk Anda.

3. Persiapkanlah Campaign serta Tingkatkan Brand Awareness

Dalam rangka membangun serta meningkatkan brand awareness Anda perlu mempersiapkan campaign. Caranya yaitu dengan memberikan berbagai macam konten yang menarik. Berikan juga jenis konten yang sifatnya informatif serta edukatif. Tentu saja Anda harus mengaitkan konten tersebut terhadap produk yang akan dipasarkan. Tingkat closingnya akan tinggi jika teknik yang Anda gunakan baik.

Baca Juga: Peluang Usaha Digital Printing, Bagaimana Cara Memulainya?

4. Jangan Fokus pada Satu Channel Pemasaran Saja

Pakailah seluruh sosial media yang Anda miliki. Misalnya seperti Facebook, Instagram, SEO, Adwords, Youtube dan jenis lainnya supaya jalur marketingnya menjadi lebih luas. Jika Anda menginginkan hasil penjualan bisnis yang berlipat, maka bangunlah channel pemasaran yang lainnya. Jadi, jangan fokus hanya pada satu channel saja.

5. Coba Jualan di Marketplace

tips marketing di bulan ramadhan

Tips marketing lainnya yaitu cobalah untuk berjualan di marketplace. Buatlah toko online di marketplace sebagai investasi di Bulan Ramadhan. Manfaatkan juga seluruh fitur yang tersedia pada marketplace. Marketplace biasanya akan banyak pelanggan di bulan ini. Jadi, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan bisnis.

6. Lakukan Promosi yang Menarik

Untuk menarik banyak calon konsumen, Anda perlu melakukan promosi yang menarik. Gunakanlah strategi promosi yang berbeda dari biasanya. Promosi yang menarik ini bisa dilakukan dengan cara seperti menawarkan lelang produk, sistem pembelian free ongkir atau sering mengadakan acara give away.

7. Menguatkan Mental, Tenaga dan Pikiran

Ketika menjalankan bisnis pada Bulan Ramadhan, Anda perlu menguatkan mental, tenaga dan pikiran untuk melayani konsumen setiap waktunya. Terutama pada bagian Customer Service yang dalam hal ini berperan sangat penting. Apalagi jika konsumen menghubungi pada jam-jam sahur. Berikanlah gaji insentif yang menarik kepada Customer Service supaya semakin bersemangat melayani konsumen setiap waktunya.

Itulah uraian mengenai 7 tips strategi marketing online di Bulan Ramadhan yang bisa Anda coba terapkan. Manfaatkan Bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *