Apa Itu Stop Motion, dan Cara Pembuatannya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Oke sahabat-sahabat super. Bagaimana kabarnya? Semoga kalian semua baik-baik saja dan selalu sehat selalu, Amiin. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Stop Motion.

Berbicara soal stop motion, diantara Anda apakah sudah ada yang mengetahuinya? Nah bagi Anda seorang pelajar atau mahasiswa yang mengambil jurusan Multimedia atau sejenisnya pasti sudah tak asing lagi dengan kata stop motion. Apasih stop motion itu? Stop Motion terderi dari 2 kata yaitu STOP artinya berhenti, dan MOTION artinya bergerak. Jadi, Stop Motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Contohnya seperti di bawah ini.
Animasi Stop Motion Animasi Stop Motion

Nah dari contoh di atas sudah menyatakan bahwa stop motion itu adalah sebuah teknik animasi yang membuat objek mati menjadi seolah-olah bergerak sendiri. Biasanya stop motion ini dibuat dengan tujuan yang beraneka ragam. Dan stop motion biasanya memanfaatkan bahan-bahan seperti kertas lipat, kertas karton, plastisin atau semacamnya sebagai objek utamanya.

Sejarah Singkat Stop Motion.

Awalnya teknik ini digunakan oleh Albert E Smith dan J Stuart Blackton untuk pertunjukan The Humpty Dumpty Circus pada tahun 1898. Ketika animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika, J. Stuart Blackton adalah orang pertama kali yang mengenalkan teknik ini dalam filmnya berjudul : Fun in a Bakery Shop yang menggunakan clay. Film ini kemungkinan merupakan film animasi stop motion yang pertama kali muncul pada tahun 1902. Karena di sisi lain, di tahun yang sama di Eropa, seorang pionir efek spesial bernama George Melies, seorang sineas asal Perancis ternyata juga menciptakan film animasi dengan teknik yang sama, hanya saja film tersebut kurang diekspos. Film yang berjudul A Trip to the Moon ini berjalan 14 menit jika diproyeksikan pada 16 frame per detik, yang merupakan standar frame rate pada saat film dibuat.

Cara Pembuatan Stop Motion.

Oke, setelah Anda mengetahui apa itu stop motion dan sejarah singkatnya, maka selanjutnya adalah cara pembuatan stop motion. Bagi Anda yang tertarik ingin membuat stop motion sendiri, bisa menerapkan cara berikut ini. Tapi sebelumnya, Anda harus menyiapkan sebuah alat yaitu kamera untuk mengambil gambar objek yang akan dijadikan setop motion. Gunakan saja kamera digital atau bila yang tidak punya bisa memanfaatkan kamera handphone. Selain itu Anda juga harus menyiapkan aplikasi untuk menggabungkan atau mengedit gambar objek tersebut. Untuk pemula Anda bisa menggunakan Windows Movie Maker.

Oke langsung saja berikut cara pembuatannya:

  1. Ambillah gambar objek yang akan dijadikan stop motion. Setelah mengambil satu gambar maka geserlah objek tersebut dan ambil gambarnya lagi. Jadi di setiap pergerakan objek harus diambil gambarnya. Contohnya:

    Cara pembuatan stop motion Cara pembuatan stop motion
    Cara pembuatan stop motion Cara pembuatan stop motion
  2. Ambil gambar disetiap pergerakkan objek sebanyak-banyaknya. Karena semakin banyak gambar hasil, maka semakin bagus hasilnya. Tetapi bagus atau tidak hasilnya itu tergantung kreatifitas Anda sendiri. Maka dari itu fariasikan pergerakan objek tersebut.

    Cara pembuatan stop motion

     

  3. Setelah Anda mengambil banyak gambar, maka kini saatnya proses editing.
  4. Gunakanlah Windows Movie Maker untuk menggabungkan hasil gambar-gambar tersebut.

    Cara pembuatan stop motion

     

  5. Letakkan semua gambar pada storyboard yang ada di Windows Movie Maker.
    Cara pembuatan stop motion
  6. Anda bisa menambahkan lagu sebagai backsound untuk memperindah pembuatan stop motion.
  7. Setelah semua selesai, langsung export atau save videonya ke dalam laptop Anda.
Selesai!.
Nah dari cara di atas sebenarnya ada cara yang paling mudah. Yaitu dengan menggunakan smartphone Android. Mengapa mudah? Karena pada android ini sudah disediakan aplikasi untuk membuat stop motion. Aplikasi itu adalah Stop-Motion-Lite. Bagi Anda pengguna Android langsung saja mendownload aplikasinya melalui Play Store.

Oke sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar jurusan multimedia. Terima Kasih Anda sudah mau mampir di blog saya. Mohon maaf bila ada kata yang salah. Sampai Jumpa 🙂
Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

2 thoughts on “Apa Itu Stop Motion, dan Cara Pembuatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *