Bisnis Apa yang Cocok Bagi Pelajar?

Sering sekali saya menemukan banyak pelajar yang ingin menghasilkan uang sendiri. Hal ini sangat wajar karena mereka sudah mempunyai pemikiran bahwa di usianya yang muda sudah ingin menghasilkan uang sendiri. Saya sendiri juga saat duduk di bangku smp sudah berfikiran untuk menghasilkan uang sendiri. Meskipun hasil yang diperoleh tidak memuaskan, setidaknya saya punya uang jajan sendiri.

Sebelum membahas tentang bisnis, ada baiknya jika saya juga mengulas apakah boleh seorang pelajar ingin menghasilkan uang sendiri? Jawabannya tentu saja boleh. Namun ada beberapa yang tidak didukung orang tua karena mereka ingin anaknya fokus dengan pelajaran.

Kalau menurut saya pribadi, seharusnya orang tua tidak melarang anaknya menghasilkan uang sendiri. Dalam catatan si anak tersebut bisa benar-benar membagi waktu antara belajar dan menghasilkan uang. Pendapat orang memang berbeda-beda, namun ini juga baik untuk masa depan pelajar karena sebelum mereka terjun di dunia pekerjaan, mereka sudah memiliki pengalaman yang sangat membantu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan seorang pelajar untuk menghasilkan uang. Mereka bisa memulai sebuah bisnis dengan keahlian mereka sendiri. Misal saya ahli dalam bidang desain, tentu saja saya bisa menghasilkan uang dengan menjual jasa desain. Lalu, bisnis apa yang cocok bagi pelajar? Yang saya bahas kali ini adalah bisnis yang sangat cocok bagi pelajar yang pemula. Jadi belum punya pengalaman kerja.

  1. Bisnis Reseller.
    Kalau mendengat kata reseller pasti sudah tidak asing lagi. Karena bisnis yang sangat mudah adalah menjadi seorang reseller.

    Bisnis Reseller & Dropship
    Reseller vs Dropship

    Bisnis ini sangat di sarankan bagi seorang pelajar karena mudah untuk dikerjakan. Selain mudah, menjadi reseller juga tidak terikat oleh waktu. Anda hanya perlu menjual kembali produk orang lain. Mulailah dengan mencari supplier produk yang banyak di cari para pelajar. Mengapa? Karena Anda bisa menjualnya kepada teman sekolah Anda. Contoh produknya adalah sepatu. Pelajar pasti dong butuh sepatu untuk sekolah. Untuk itu Anda bisa mulai mencari supplier lalu menjual kepada teman-teman sekolah Anda.

    Selain menjual kepada teman sekolah, Anda bisa juga menjual melalui Online. Anda bisa memanfaatkan sosial media yang saat ini ramai digunakan seperti facebook. Bagikan foto produk Anda pada sosial media, dan orang-orang akan tertarik maka Anda bisa menghasilkan uang tanpa modal.

  2. Bisnis Dropship.
    Kalau bisnis yang ini sebenarnya hampir sama dengan bisnis reseller. Namun yang membedakan hanyalah Anda tidak perlu mengambil produk pada supplier.

    Sistem Dropship
    Sistem Kerja Dropship

    Contohnya begini, Anda sudah punya supplier sepatu. Lalu ada orang yang ingin membeli sepatu kepada Anda. Kemudian Anda hanya perlu menghubungi supplier Anda untuk mengirimkan sepatu kepada customer. Jadi intinya Anda tidak perlu memiliki produk untuk berjualan.

    Baca juga: 4 Keuntungan Besar Menjadi Dropshiper

  3. Bisnis Affiliasi.
    Mungkin ada beberapa orang yang asing dengan bisnis ini. Bisnis ini mengharuskan Anda mempromosikan suatu platform agar orang lain mendaftar platform tersebut dan Anda mendapat komisi.Bisnis ini juga mudah bagi seorang pelajar terutama yang sering online. Misalkan Anda bergabung di Idwebhost. Namun Anda mempromosikan platform tersebut pada sosial media, lalu ada orang bergabung Idwebhost dari link Anda. Maka Anda akan mendapatkan komisi yang sudah ditentukan oleh pihah idwebhost.

    Contoh platform yang menyediakan affiliasi: Ratakan.com, Amazon.com, Lazada.co.id

  4. Bisnis Monetize Blog.
    Pernahkah Anda sedang mencari jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru? Pasti Anda mencarinya di Google. Jawaban yang Anda temukan berasal dari sebuah blog/website. Namun pada blog yang memiliki sebuah iklan yang apabila di klik akan menghasilkan uang.Bisnis ini juga sangat cocok bagi pelajar karena Anda bisa membagikan ilmu Anda pada sebuah blog. Namun untuk bisa menghasilkan uang dari blog tersebut Anda harus mendaftar di sebuah platform yang menyediakan iklan. Dengan memasang iklan mereka, Anda akan dibayar sesuai dengan jumlah klik pengunjung blog Anda.

    Contoh platform yang menyediakan iklan: Google Adsense, KlikSaya, KumpulBlogger dll

  5. Bisnis Menjual Jasa.
    Jika Anda adalah seorang pelajar dari sekolah kejuruan, mungkin Anda bisa menjual ilmu Anda. Jika Anda ahli dalam bidang fotografi, Anda bisa menyediakan jasa fotografi. Jika Anda ahli dalam bidang desain, Anda bisa menjual jasa desain. Anda bisa MC, Anda juga bisa menjual jasa MC.Semua uang yang Anda dapat berasal dari keahlihan Anda sendiri. Dan harga untuk sebuah jasa yang Anda jual bisa Anda tentukan sendiri jumlahnya. Sudah banyak sekali pelajar yang sukses menghasilkan banya uang dengan hanya menjual jasa.

Dari 5 bisnis di atas, Anda bisa tentukan sendiri mana bisnis yang cocok untuk Anda jalankan. Semua memang mudah untuk dijalankan. Tapi jangan sampai bisnis itu mengganggu pelajaran Anda. Anggaplah bisnis itu hanya sebatas hiburan 🙂. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: