Cara Berinteraksi Dalam Bisnis Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Dari sekian para internet marketer, banyak sekali pemula yang baru terjun dan baru mengenal yang namanya bisnis online. Apa itu bisnis online? Bisnis Online adalah sebuah bisnis yang dijalankan secara online di internet. Namun banyak pula yang bertanya, Bagaimana Cara Berinteraksi Dalam Bisnis Online?

Nah berawal dari pertanyaan seperti itu akhirnya saya memposting artikel ini. Pada artikel ini akan saya jelaskan beberapa metode pembayaran dan transaksi yang biasa orang-orang lakukan dalam bisnis online. Beberapa metode itu adalah:


1. Metode Transaksi COD (Cash On Delivery).
Tentu ini yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang dalam bertransaksi. Metode ini dinamakan COD (Cash On Delivery). COD adalah metode transaksi di mana pembayaran dilakukan saat barang telah tiba dihadapan pembeli. Contohnya seperti ini:

Ada seorang penjual dan pembeli, penjual tinggal di Bandung, sedangkan pembeli tinggal di Depok. Mereka sepakat memakai metode pembayaran COD, maka mereka akan bertemu di suatu tempat, misalnya Bandung. Ketika bertemu, penjual akan menyerahkan yang ia jual, dan pembeli akan membayar langsung kepada si penjual. Intinya seperti itu.

Konsep transaksi COD ini dapat kita lakukan apabila lokasi penjual dan pembeli tidak terlalu jauh. Dengan ini mereka bisa bertemu di tempat yang tidak terlalu jauh.

2. Transaksi Melalui Transfer Antar Bank.
Cara Berinteraksi Dalam Bisnis OnlineTransaksi melalui transfer antar bank adalah metode transaksi terpopuler di Indonesia. Pembeli akan bertransaksi antar penjual melalui fasilitas transfer antar bank.

Bank-bank yang biasanya digunakan untuk bertransaksi bisnis online adalah bank yang memiliki fasilitas internet banking. Bank-bank yang paling sering digunakan adalah:

  • Bank BCA
  • Bank Mandiri
  • Bank BRI
  • Bank BNI

Ketika Anda berbisnis online, pastikan Anda mengaktifkan fasilitas internet banking untuk rekening Anda. Hal ini bertujuan jelas yaitu untuk mempermudah dalam bertransaksi bisnis online.

3. Metode transaksi melalui PayPal.
Nah untuk metode ini adalah metode pembayaran yang dilakukan antar negara. Misalnya Anda pemilik produk yang tinggal di Indonesia, sementara pembeli Anda tinggal di negara Amerika. Maka cara bertransaksi adalah melalui PayPal. PeyPal adalah semacam rekening virtual yang ada di internet. Di PayPal.com kita bisa membuat akun, layaknya sebuah rekening di bank. Di akun tersebut kita bisa menyimpan dana, dan akun tersebut bisa kita gunakan dalam bertransaksi online.

Transaksi yang dilakukan melalui PayPal, hanya bisa terjadi antara satu akun Paypal dengan akun paypal yang lain. Jadi apabila Anda penjual di internet yang menyediakan fasilitas bertransaksi melalui PayPal, maka pembeli akan bisa bertransaksi apabila ia memiliki akun PayPal.

4. Metode transaksi dengan Kartu Kredit.
Beberapa toko online besar di Indonesia sudah mulai menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit. Sama seperti PayPal, metode pembayaran melalui kartu kredit masih belum populer dalam kegiatan belanja online di Indonesia. Hanya sebagian saja masyarakat di Indonesia melakukan pembayaran melalui kartu kredit

Dengan demikian, jika Anda serius dalam hal bisnis online, maka Anda harus memiliki kartu kredit. 

Itulah beberapa metode transaksi yang sering digunakan dalam kegiatan bisnis online. Sekian dari saya selaku penulis, dan semoga bisa bermanfaat. Mohon maaf apabila ada penulisa yang salah. Terima Kasih. 

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

7 thoughts on “Cara Berinteraksi Dalam Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *