Cara Mengatur Menu Navigasi Secara Optimal

Beberapa hari yang lalu, saya telah posting mengenai Pengenalan HTML. Pada saat saya share artikel tersebut pada grup facebook, ada yang bertanya mengenai pengaturan HTML.

Pertanyaan dari pengguna facebook

Nah kira-kira seperti itulah pertanyaan yang diberikan untuk saya. Melalui pertanyaan tersebut, maka dari itu saya menulis artikel ini. Artikel ini bertujuan agar para pemula khususnya yang baru mengenal HTML, akan lebih mudah dan cepat memahami struktur tag pada HTML.

Oke langsung saja mari kita bahas bersama-sama mengenai Cara Mengatur Menu Navigasi Secara Optimal.

Maksudnya menu navigasi itu apa? Jadi menu navigasi adalah sebuah menu yang disediakan di blog yang bertujuan untuk memudahkan pembaca/pengunjung untuk mencari kategori yang mereka inginkan. Jadi, jika kita menyediakan menu navigasi pada blog kita, maka pembaca/pengunjung akan menyukai blog kita. Berikut ini adalah yang dinamakan menu navigasi:

Menu Navigaso

Nah bagi pemula, biasanya bingung cara mengatur menu navigasi seperti pada gambar di atas. Untuk menu yang ada di bawah menu navigasi adalah sub menu. Bagi pemula, saat berhasil mengubah template maka menu navigasinya sudah diatur dari bawaan template. Maka dari itu kita tidak bisa mengganti menu dan menambahkan sub menu sesuai keinginan kita.

Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Pergi ke pengaturan template pada blogger.
    Menu Blogger
  2. Lalu pergi ke pengaturan HTML dengan mengklik “edit HTML”.
  3. Setelah Anda sudah berada pada pengaturan HTML pada menu template, maka selanjutnya Anda harus mencari nama kategori yang ingin Anda ganti untuk menu navigasi. Contohnya sebagai berikut:
    HTML menu navigasi yang salah
  4. Setelah menemukan nama kategori yang ingin diganti, lalu Anda tinggal menggantinya dengan nama kategori sesuai keinginan Anda dengan url kategori tersebut. Untuk menambahkan sub menu pada kategori menu navigasi, maka tambahkanlah HTML berikut di bawahnya.

    <li><a class=’dropdown’ href=’LINK KATEGORI’>NAMA KATEGORI</a>
    <ul class=’menus’>
     <li><a href=’LINK SUB MENU KATEGORI’>NAMA SUB MENU KATEGORI</a></li>
     <li><a href=’LINK SUB MENU KATEGORI’>NAMA SUB MENU KATEGORI</a></li>
     <li><a href=’LINK SUB MENU KATEGORI’>NAMA SUB MENU KATEGORI</a></li>
     <li><a href=’LINK SUB MENU KATEGORI’>NAMA SUB MENU KATEGORI</a></li>
    </ul>
    </li>

  5. Jika sudah diatur semuanya, klik simpan template untuk menyimpan semua pengaturan HTML. Berikut ini adalah contoh HTML menu navigasi yang sudah diatur.
    HTML Menu navigasi yang benar
  6. Pengaturan telah selesai

Perlu diketahui bahwa belajar HTML itu mudah, asalkan Anda sudah mengenal semua tag dan fungsinya. Anda tidak perlu menghafal semuanya, namun Anda perlu mengetahui tag dasarnya saja.

Sekian artikel ini saya bagikan, semoga bisa bermanfaat. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih :).

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)

Written by

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

1 thought on “Cara Mengatur Menu Navigasi Secara Optimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *