Hindari Sebelum Nyesel! 5 Cara Promosi yang Salah di Sosial Media

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Hindari Sebelum Nyesel! 5 Cara Promosi yang Salah di Sosial Media

Tidak semua promosi yang dilakukan bisa berjalan efektif dam cocok dengan keinginan. Jika langkah dan strategi promosi yang dijalankan tidak sesuai, bisa saja promosi tersebut menjadi salah kaprah. Promosi yang salah akan berdampak pada kurangnya peminat produk yang Anda tawarkan. Hal itu akan berdampak pada turunnya penggemar bahkan hingga tidak lakunya produk yang Anda jual.

Cara Promosi di Media Sosial yang Salah dan Harus Dihindari

Tidak banyak orang mengetahui teknik penyampaian yang tepat untuk mempromosikan produknya di media sosial. Terkadang orang berfikir semakin banyak mengunggah foto, akan lebih mudah mendapatkan banyak pelanggan. Akan tetapi anggapan tersebut salah, bisa jadi teman kita merasa jenuh dengan produk yang ditawarkan.

Berikut beberapa cara promosi yang salah di media sosial:

1. Promosi Terus Menerus

Promosi memang penting dilakukan untuk mendapatkan banyak pelanggan di sosial media. Tapi bukan berarti setiap hari Anda melakukannya. Memposting bisnis Anda di media sosial wajib melihat jangka waktunya. Hindari promosi terus menerus karena menyebabkan beranda teman akan penuh. Hal ini menyebabkan salah satu dari mereka akan bosan dan membatalkan pertemanan. Apabila hal itu terjadi maka Anda akan kehilangan peluang mendapatkan pelanggan. Lakukanlah setidaknya satu hari sekali dengan teratur agar tidak membosankan.

Oleh karena itu, lakukanlah promosi dengan kualitas yang terbaik dan bahasa yang menarik serta waktu yang tepat. Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena bisa dianggap sebagai spam.

2. Tidak Mengetahui Seberapa Efektifnya Promosi

2. Tidak Mengetahui Seberapa Efektifnya Promosi

Teman yang banyak tidak bisa menjadi jaminan promosi Anda berjalan dengan lancar dan tepat. Setidaknya Anda harus melihat setiap kali memposting berapa orang yang merespon. Dengan begitu, maka Anda akan menemukan beberapa analisa dan mengetahui bagaimana kekurangan promosi tersebut. Kemudian selanjutnya Anda bisa melakukan percobaan postingan dengan cara yang lebih menarik.

Di dunia media sosial biasanya disediakan grup jual beli, Facebook contohnya. Anda dapat menjual produk dengan memposting pada grup tersebut. Tapi jangan sampai salah grup karena itu mengakibatkan promosi Anda tidak efektif. Contohnya saja memposting produk kecantikan pada grup jual beli burung. Hal ini akan berakibat tidak laku dan bisa dikeluarkan dari grup.

3. Menyampaikan Promosi Secara Direct

Promosi seperti ini banyak sekali ada di pesan inbox dengan nama yang tidak dikenal. kebanyakan dari mereka memberi iming-iming barang tertentu. Hal seperti ini tidak boleh dilakukan karena banyak orang akan memandang kita sebagai pengganggu. Alangkah baiknya pada saat orang memposting barang yang dibutuhkan, kita ikut komentar di dalam postingan tersebut.

Bersaingan dalam pemasaran di media sosial hendaknya juga dilakukan lebih berhati-hati apabila memposting produk. Anda jangan menjatuhkan pesaing bisnis yang sejenis. Karena bisa jadi mereka tidak nyaman dengan postingan yang Anda buat. Postingan yang dirasa provokatif dapat menimbulkan kesan negatif pada produk yang di berikan.

Baca Juga: Sukses Omzet Milyaran dengan Layanan Profesional

4. Postingan Sepanjang Hari Berisi Produk Tersebut

Seperti yang sudah dibahas pada point pertama, dengan mengunggah semua produk secara terus menerus maka akan membuat teman Anda bosan. Maka solusinya perlu diberi selingan beberapa postingan tentang pribadi Anda. Kecuali jika menggunakan akun yang benar-benar berisi tentang produk. Tapi jika terus menerus memposting produk, bisa jadi pertemanan akan berkurang.

Anda juga bisa memposting tips seputar produk Anda. Contohnya bila Anda berjualan sepatu, maka Anda bisa memposting tips cara merawar sepatu yang baik dan benar.

5. Tidak Memberi Komentar Balasan

Anda tidak boleh berpikir walaupun komentar tidak dibalas, orang yang hendak membeli bakal langsug inbox. Anggapan sepertu itu yang membuat produk Anda menjadi tidak laku. Oleh sebab itu, Penting kiranya menjawab komentar satu persatu untuk orang yang bertanya pada postingan Anda. Sehingga mereka akan menikmati kenyamanan untuk memahami produk Anda.

Promosi yang benar ataupun promosi yang salah itu semua tergantung postingan. Membuat promosi tidak selalu memposting produk yang dimiliki. Bagaimana menurut Anda? Silahkan beri tanggapan di kolom komentar.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *