Kenapa Tampilan Desain Kemasan Produk Sangat Penting?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kenapa desain kemasan produk penting

Anda pasti pernah mendengar ungkapan pepatah yang mengatakan “Don’t judge a book by it’s cover,” bukan? Tapi sayangnya kalimat tersebut tidak dapat diterapkan dalam bisnis. Karena cover atau tampilan merupakan hal sangat penting, terutama untuk mendukung pemasaran. Kemasan menjadi faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk membeli suatu produk.

Jadi wajar saja apabila pemilihan desain produk dibuat semenarik mungkin supaya bisa menjaring konsumen. Apalagi di tengah persaingan antar produsen yang semakin ketat saat ini, para pelaku bisnis harus bisa menyajikan sebuah produk dengan desain kemasan unik dan variatif. Bukan hanya supaya produk tampak lebih rapi, tapi juga menunjukkan kesan dan kualitas isi di dalamnya.

Kenapa Tampilan Desain Kemasan Produk Sangat Penting?

Berikut di bawah ini adalah beberapa alasan yang membuat desain kemasan produk sangat penting untuk diperhatikan:

1. Identitas Produk.

Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk memproduksi sebuah produk, tentunya desain kemasan juga dibuat seunik mungkin dengan tetap mengikuti konsep yang dijual. Misalnya saja penggunaan desain, warna hingga bentuk kemasan yang dibuat menyerupai produk di dalamnya. Hal ini dilakukan karena kemasan bisa berfungsi sebagai identitas sebuah produk yang membuatnya berbeda dengan merk lain.

2. Menentukan Kualitas Produk.

Tampilan visual masih menjadi salah satu faktor tertinggi yang memengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk atau tidak. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa kemasan ini juga menunjukkan kualitas dari produk yang dijual. Contoh mudahnya adalah produk kerupuk yang dijual menggunakan kemasan plastik biasa, dengan kerupuk yang menggunakan kemasan layout unik.

Meskipun kedua produk tadi mungkin memiliki rasa yang sama, namun tampil dengan kemasan berbeda akan memengaruhi anggapan konsumen mengenai kualitasnya. Produk yang mengusung konsep kemasan berlayout lebih memiliki ciri khas dan membuatnya tampak lebih berkualitas. Sehingga konsumen merasa lebih tertarik untuk membelinya.

Baca Juga: Wajib Anda Tiru! Inilah 5 Karakteristik Seorang Pengusaha Sukses

3. Membentuk Kualitas Konsumen.

Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa loyalitas konsumen menjadi sebuah bagian yang penting demi menjaga keberlangsungan bisnis. Dan hal tersebut dapat terbentuk melalui ikatan dengan produk yang dijual. Penyajian warna layout, logo dan keunikan dalam kemasan akan membuat konsumen merasa lebih familiar. Sehingga kemudian memutuskan untuk membeli lagi.

Tips Membuat Desain Produk Yang Menarik

Setelah mengetahui betapa pentingnya membuat desain produk yang menarik, tentu tidak lengkap jika belum membahas bagaimana cara membuat desain menarik tersebut. Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan referensi :

  • Inovatif, adalah hal pertama dan paling utama yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah desain untuk produk. Di era perkembangan teknologi yang semakin maju ini, para pelaku bisnis harus bisa menyuguhkan desain yang lebih up to date dan keknian. Untuk menyesuaikan dengan seleran masyarakat modern. Oleh sebab itu, ciptakanlah desain sekreatif mungkin.
  • Jangan Melupakan Hal Penting. Saat fokus pada satu desain, ada segelintir orang yang kemudian langsung teralihkan sehingga tidak memikirkan hal lain. Padahal dalam membuat desain, pelaku usaha juga harus memerhatikan bahwa hal penting penting seputar produk tercantum secara keseluruhan. Misalnya saja nama brand, logo, deskripsi, kode produksi, no BPOM (jika ada), dan sebagainya.
  • Pemilihan Warna. Tampilan desain dengan warna menarik juga sangat penting. Hal ini bisa menjadi poin plus yang membuat konsumen tertarik dengan produk tersebut. Di samping itu, sebaiknya juga menyesuaikan isi produk yang ada di dalam kemasan dengan desainnya. Karena bagaimanapun juga, pelaku bisnis harus bisa membedakan yang dijualnya sehingga tidak terkesan salah konsep.

Itulah mengapa desain dari suatu produk memang sangat penting dalam bisnis Anda. Mulailah membuat desain produk yang ‘berbeda’ dibanding dengan yang lain.

Buat orang lain terkesan dengan desain produk Anda.

Bagaimana menurut Anda tentang artikel ini?

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

2 thoughts on “Kenapa Tampilan Desain Kemasan Produk Sangat Penting?

  1. Halo,
    Setuju dengan artikel diatas.
    Mengapa demikian?
    Saya pernah membantu UKM di desa yang cukup pelosok ketika sedang KKN. Kebetulan disana saya membantu pemasaran UKM Keripik pisang yang menjadi andalan desa tersebut.

    Kendala yang selalu dikeluhkan: Produk UKM Desa tersebut selalu kalah dengan produk kota yang kemasannya jauh lebih baik.

    Akhirnya, saya dan tim mencari ide kemasan yang kreatif tanpa membutuhkan dana yang besar. Memang efeknya tidak akan langsung dirasa, namun, setelah 1 tahun saya meninggalkan tempat KKN tersebut, ketika saya berkunjung, saya mendengar adanya peningkatan dari hasil penjualan berkat kemasan tersebut 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *