Langkah Awal Jualan di Instagram yang Menguntungkan

Langkah Awal Jualan di Instagram yang Menguntungkan

Kalau zaman sekarang itu sudah zamannya banyak pemburu rupiah di internet. Mereka selalu menemukan cara agar bisa menjual produk mereka agar menghasilkan keuntungan. Tak heran sekarang sudah banyak sekali pengguna Olshop.

Olshop yang ‘serius’ adalah mereka yang selalu memiliki pemikiran yang tidak dimiliki oleh pengguna olshop pemula. Kalau Anda pemula ga perlu khawatir karena disini saya akan bocorkan rahasianya.

Biasanya para pengguna olshop selalu memanfaatkan berbagai media sosial agar produk yang mereka jual bisa laris manis. Hal ini memang ‘jarang’ terpikirkan oleh pengguna olshop pemula.

Apa saja Media Sosial yang mereka gunakan? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini media sosial yang paling populer adalah Facebook dan Instagram. Yess, bener banget. Kedua platform ini bisa dikatakan sebagai “Raja-nya” media sosial.

Namun yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai platform kekinian yang sekarang sangat rame digunakan para remaja sekaligus para olshop, yaitu Instagram.

So, bagaimana memulai jualan di Instagram yang Menguntungkan?

Bila Anda pemula ataupun yang sudah lama berjualan di Instagram tapi jarang banget laku-nya, gak perlu khawatir karena Anda bisa langsung praktek cara yang akan saya bagikan ini.

1. Membuat akun Khusus untuk Jualan.
Sebuah kesalahan seorang penjual atau olshop di dunia Instagram, adalah mereka menggunakan akun pribadinya untuk berjualan. Meskipun followersnya udah banyak, tapi hal itu tidak menjamin kalau jualan mereka bisa laris manis.

Akan lebih baik bila membuat akun khusus untuk berjualan agar followers Anda adalah orang-orang yang sesuai dengan target market Anda. Misal Anda jualan hijab, maka buatlah akun dengan namanya ada kata ‘hijab’. Misalnya: hijab_kekinian, hijabmurah.id, dll..

Contoh akun jualan di Instagram
Gambar 1. Contoh akun jualan di Instagram

2. Mengumpulkan Followers sebanyak-banyaknya.
Setelah akun jualan Anda sudah siap, kini saatnya Anda mencari followers sebanyak banyaknya. Bila Anda memiliki banyak followers di akun pribadi, maka Anda bisa promosikan akun jualan Anda menggunakan akun pribadi.

Mengumpulkan Followers
Gambar 2. Mengumpulkan Followers

Untuk mendapatkan jumlah followers dalam waktu singkat, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencari akun yang berjualan produk yang sama dengan yang Anda jual dan akun tersebut harus banyak followers-nya. Lalu Anda lakukan follow pada followers mereka. Ada kemungkinan Anda akan mendapatkan follback..

3. Upload banyak Foto.
Salah satu faktor yang dapat menyebabkan para follower membeli produk Anda adalah Foto produk yang Anda post. Ingat, Instagram adalah media berbagi foto. Jadi yang harus Anda lakukan adalah upload sebanyak-banyaknya foto produk Anda. Kalau bisa fotonya yang bagus. Apalagi menarik perhatian orang.. hehe

Ilustrasi upload foto di Instagram
Gambar 3. Ilustrasi upload foto di Instagram

4. The Power of Discount
Sesuai judul yaitu memulai jualan di Instagram yang menguntungkan, yang bisa Anda lakukan setelah melakukan ketiga cara di atas adalah dengan memakai strategi potongan harga. Yeah bener banget, siapa memangnya yang nggak suka sama diskon??

Anda bisa memberikan diskon dalam periode tertentu untuk menarik pembeli dengan cepat. Atau apabila ada event atau hari-hari penting Anda bisa memanfaatkan moment tersebut. Semisal diskon Hari Kemerdekaan, diskon Hari Ibu, dll..

Tips Jitu jualan di Instagram yang Menguntungkan
Setelah Anda mengerti langkah awal memulai jualan di Instagram, lakukan tips berikut agar bisa menghasilkan banyak keuntungan dengan jualan di Instagram..

  • Lengkapi profil akun olshop instagram Anda, seperti dengan mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi. Anda bisa memasukkan ID Line, nomor handphone, Whatsaap, dan lainnya.
  • Pasang foto profil akun instagram jualan Anda dengan logo atau gambar yang menggambarkan brand atau jualan Anda, tujuannya untuk membuat calon pelanggan Anda lebih percaya terhadap akun olshop Anda
  • Gunakan hashtag saat memposting gambar produk Anda. Hashtag harus sesuai dengan produk yang sedang Anda jual. Contoh Anda berjualan Hijab, maka Anda bisa menggunakan hashtag #hijabmurah #hijabterbaru dan masih banyak lagi hashtag yang berhubungan dengan hijab..

Demikian yang bisa saya bagikan di artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang baru memulai jualan di Instagram. Kalau ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar yaa..

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)

2 thoughts on “Langkah Awal Jualan di Instagram yang Menguntungkan

  1. Informasi yang sangat bermanfaat.
    Namun, jika boleh menambahkan.
    Pada point ‘Upload foto yang banyak’,
    Alangkah baiknya jangan terpaku pada kuantitas foto yang di upload.
    Kenapa? Percuma banyak foto namun tidak berkualitas.
    Jadi, alangkah lebih baik jika dibarengi dengan kualitas foto yang baik.
    Sehingga jadinya, ketika followers atau target pasar mengunjungi instagram anda, mereka akan menyukai feeds anda:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *