Memahami Konsep Bisnis Online Syariah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Peningkatan minat konsumen terhadap pasar Syariah sudah terjadi sejak awal dekade 2010-an. Penggunaan beragam produk dan jasa yang berkaitan dengan Syariah mengalami peningkatan pesat sejak mudahnya akses terhadap internet dan jumlah pengguna media sosial yang semakin banyak. Dengan kalangan muslim perkotaan kelas menengah sebagai target utama penjualan, tidak mengherankan jika bisnis online syariah menjadi jenis bisnis yang menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

Tidak terdapat aturan atau kesepakatan universal mengenai konsep Syariah pada umunya. Sementara dalam dunia ekonomi dan bisnis, bisnis Syariah dapat diartikan apapun yang diperbolehkan untuk dijual. Maksud dari ‘diperbolehkan’ adalah apapun (barang dan jasa) yang tidak haram hukumnya. Dengan demikian, pada dasarnya bisnis Syariah mencakup apapun yang bisa diperjualbelikan, seperti pakaian, makanan, ponsel, dll. Bisnis Syariah memiliki sebutan lain seperti bisnis Halal atau bisnis Islami.

Secara spesifik bisnis Syariah bukan berarti bisnis yang selalu berhubungan dengan agama, seperti bisnis Umroh, buku-buku Islam, hijab, dll. Bisnis Syariah menitikberatkan pada prosedur untuk menjalankan bisnis tersebut. Prosedur tersebut tentunya berdasarkan sumber-sumber agama. Meskipun begitu, tidak salah juga jika Anda menggunakan pemahaman bisnis Syariah sebagai bisnis Islami. Saat ini, bisnis Syariah sudah menjalar ke berbagai sektor, termasuk sektor finansial, perbankan, saham, dll.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisnis Anda masuk dalam kategori bisnis Syariah adalah kejelasan antara barang yang dijual dan yang ditawarkan. Anda harus memberikan foto atau deskripsi yang spesifik kepada konsumen sesuai dengan kondisi produk yang Anda tawarkan. Anda harus mencantumkan kejelasan harga. Anda tidak boleh menyembunyikan biaya tambahan yang tidak tercantum dalam daftar harga. Tetapi yang paling utama dari persyaratan bisnis Syariah adalah status halal dari modal, transaksi, dan produk yang akan Anda jual.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis untuk Mahasiswa yang Menjanjikan

Beragam Produk Menjanjikan dalam Bisnis Online Syariah

Terdapat beberapa produk barang dan jasa yang dapat dikatakan merupakan produk populer di pasar Syariah. Terdapat produk-produk yang memiliki karakteristik Syariah atau non-Syariah. Potensi keuntungan dari produk yang dijual di pangsa pasar bisnis online syariah tersebut cukup menjanjikan. Produk-produk dengan karakteristik Syariah tersebut adalah bisnis travel dan umroh, hijab, obat-obatan halal, buku Islami. Produk-produk tersebut sudah populer dan memiliki pelaku usaha yang cukup banyak.

Ketimbang berpikir untuk beroperasi di produk tersebut, terdapat produk atau jasa yang bisa Anda jadikan rujukan dalam memulai berbisnis online berbasis Syariah. Anda bisa menjadi seorang penulis konten. Saat ini profesi ini mulai banyak ditekuni oleh beragam kalangan, dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, sampai pekerja kantoran. Anda bisa menulis di waktu luang jika Anda sudah memiliki pekerjaan tetap. Untuk pasar Syariah, Anda bisa menulis beragam hal yang berhubungan dengan Islam.

Jika Anda sudah cukup berpengalaman Anda bisa membuat website sendiri dan kemudian menentukan apa yang mau Anda tulis. Anda juga bisa menjadi penulis di situ-situs Islami ternama. Profesi tersebut relatif mudah dilakukan karena modal Anda, dapat dikatakan, hanya internet dan komputer atau laptop. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari jasa iklan yang Anda buat. Anda bisa berafiliasi dengan Google dengan cara menjadi seorang penerbit Google AdSense.

Jika Anda berminat dengan beragam profesi tersebut, Anda bisa menggabungkannya dalam sebuah website atau blog yang bisa Anda buat dan kelola. Di web tersebut Anda bisa mengelola beragam jenis pekerjaan berbasis Syariah. Gunakan dan prioritaskan konten Syariah ketika menulis. Anda juga bisa menjadi agen dari produk-produk Syariah. Saat ini bisnis online syariah tidak lagi berstatus sebagai bisnis sampingan, tetapi sudah menjadi bisnis utama dengan potensi profit yang sangat menguntungkan.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *