Panduan Lengkap Jualan di Instagram Untuk Pemula Hingga Sukses

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Panduan Jualan di Instagram – Bukan suatu hal yang mustahil bila Anda ingin memulai jualan di instagram. Terbukti banyak orang diluar sana yang sukses meraup jutaan rupiah setiap harinya lewat instagram.

Melihat banyaknya orang yang ingin memiliki mesin uang di instagram, akhirnya saya membuat artikel ini. Diharapkan dengan artikel ini Anda akan mulai belajar bagaimana cara memulai jualan di instagram yang menguntungkan.

Oiya, yang perlu Anda perhatikan adalah, cara yang saya bagikan disini agak berbeda dengan panduan diluar sana. Cara ini sudah saya praktekan dan hasilnya sangat memuaskan.

Namun itu bukan berarti setelah Anda membaca ini Anda langsung menghasilkan banyak uang dari instagram. Yang perlu digarisbawahi adalah, setelah Anda membaca artikel ini, langsung praktek! Kalau kebanyakan teori juga nggak bakal paham..

Mengapa Instagram?

Kalau Anda bertanya mengapa harus instagram, maka jawabannya adalah karena instagram merupakan sosial media yang paling banyak digunakan orang-orang di Indonesia. Sayang banget kalau tidak dimanfaatkan sebagai peluang.

Menurut hasil survei WeAreSocial.net dan Hootsuite, Instagram menjadi platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak ke tujuh di dunia.

Selain sebagai media sosial untuk berbagi foto, Instagram digunakan untuk memasarkan produk bisnis. Total pengguna Instagram di dunia telah mencapai 1 miliar pengguna per juni 2018.

Tapi masihkah ada yang belum yakin kalau Instagram bisa menghasilkan jutaan rupiah untuk Anda? Sayangnya masih banyak yang belum yakin kalau instagram bisa sehebat itu.

Apa Saja Persiapan Sebelum Mulai Jualan di Instagram?

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebelum memulai bisnis di instagram. Sebenarnya Anda tidak perlu sampai menyiapkan banyak modal untuk jualan di instagram. Karena disini saya akan memberikan panduan memulai jualan di instagram yang nyaris tanpa modal.

1. Siapkan Produk

Namanya juga mau jualan, pasti harus punya produk dong? Kalau Anda punya produk sendiri, itu akan memudahkan Anda dalam berjualan. Namun untuk Anda yang belum punya produk, ya harus nentuin dulu mau jualan apa.

Hal ini yang perlu diperhatikan di awal, produk itu sangatlah penting. Jangan sembarangan memilih produk yang akan dijual di instagram. Ingat, orang membeli karena mereka butuh. Jadi kalau Anda menjual produk yang tidak dibutuhkan orang-orang ya buat apa?

Masih bingung mau jualan apa? Oke saya kasih beberapa penjelasan tentang produk yang pasti laku di pasaran.

  • Produk yang menjadi Solusi. Produk yang menjadi solusi ini adalah jenis-jenis produk yang menjadi solusi  dari masalah yang sedang dihadapi customer. Contohnya ada orang yang memiliki masalah yaitu banyak jerawat di wajahnya maka produk solusinya adalah obat penghilang jerawat.
  • Produk Passion/Hobi. Setiap orang pasti punya passion/hobi masing-masing. Salah satunya mancing. Anda bisa berjualan alat-alat pancing untuk orang-orang yang hobi mancing.
  • Produk yang Sedang Hits. Produk yang sedang nge-trend ini bisa berupa apa saja, terlebih produk fashion. Seperti yang pernah hits yaitu hijab stylist atau gamis syar’i.

Sekarang Anda hanya tinggal pilih produk mana yang akan dijual di instagram. Pilihlah sesuai minat Anda. Jangan ikut-ikutan dengan orang-orang yang laris di instagram.

Tidak punya Produk?

Gampangnya sekarang Anda tidak ribet lagi bila tidak memiliki produk sendiri. Sudah banyak saat ini yang menyediakan sistem dropship atau reseller suatu produk tertentu.

Cari supplier yang menjual produk yang akan Anda jual di instagram. Pilihannya Anda bisa mengunjungi toko offline terdekat dan katakan bila Anda ingin menjual produk mereka. Atau Anda bisa mencari di market place seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan lainnya.

Baca Juga: Rahasia Mendapatkan Ribuan Penjualan di Instagram

2. Membuat Akun Instagram Bisnis

jualan di instagramJangan pernah menggunakan akun personal untuk berjualan. Sangat disarankan untuk Anda membuat instagram khusus untuk berjualan. Karena apa? Orang-orang yang memfollow akun Anda tidak semua adalah target market Anda.

Tujuan membuat akun khusus jualan adalah agar nantinya orang-orang yang memfollow akun Anda adalah orang-orang yang sesuai dengan taget market Anda.

Siapkan akun email dan juga nomor telp khusus untuk jualan. Perlu diingat, 1 nomor untuk 1 akun instagram. Jangan menggunakan 1 nomor untuk banyak akun instagram karena nantinya jika instagram Anda sudah punya banyak followers, bisa saja Anda akan kehilangan akun Anda.

Cara Membuat Akun Instagram untuk Bisnis

  1. Buka aplikasi instagram, dan tekan tombol Sign Up.jualan di instagram
  2. Pilih mau mendaftar dengan nomer telpon atau email, atau dengan menggunakan akun Facebook.
  3. Perhatikan tiga pilihan yang ada: Dengan nomer telpon, dengan email, atau dengan akun facebook. Silahkan Anda pilih salah satu dan ikuti instruksi yang ada.jualan di instagram
  4. Masukkan data diri yang diminta: Nama lengkap, username (nama yang akan digunakan sebagai profil), dan password. Lalu, tekan Next.
    jualan di instagram
  5. Anda akan diminta untuk berhubungan dengan teman-teman di Facebook dan di kontak (phonebook). Kalau ingin langsung melanjutkan, tekan Skip.
  6. Anda akan diberi rekomendasi pengguna Instagram untuk kamu follow. Kalau belum mau follow siapa pun, tekan Done (pojok kanan atas).
  7. Selesai. Sekarang Anda sudah memiliki akun Instagram.

Percantik Instagram Anda

Setelah Anda sudah membuat akun instagram, maka langkah selanjutnya adalah melengkapi profil instagram Anda. Tambahkan foto profil dan juga lengkapi bio instagram Anda.

Gunakan foto profil yang bagus dan menarik. Pengaturan warna foto profil Anda juga penting. Tujuannya agar mereka bisa mudah mengingat instagram Anda.

jualan di instagram

 

3. Mendapatkan 10.000 Followers Pertama

Sampai sini Anda sudah harus mulai bekerja lebih giat lagi. Nyatanya untuk mendapatkan 10.000 followers bukan suatu hal yang mudah. Terkecuali Anda disini lebih giat dan berusaha keras untuk mencapat 10.000 followers pertama dalam waktu yang singkat.

Cara Mendapatkan 10.000 Followers Pertama

A. Follow akun target Market.

Langkah pertama untuk mendapatkan followers yang merupakan taget market adalah melakukan follow mereka yang sesuai dengan target market Anda.

Caranya? Anda tinggal mencari akun kompetitor yang sudah memiliki puluhan ribu followers dan silahkan follow semua yang nge-follow akun kompetitor mereka.

Contohnya jika Anda jualan casing hape, maka Anda bisa follow orang-orang yang nge-follow instagram casing hp agar mereka melakukan follback ke akun Anda. Setelah mereka follback, maka Anda tinggal unfollow mereka. That’s Easy

B. Upload Setiap Hari.

Selanjutnya agar orang-orang tetap nge-follow akun Anda, yang wajib Anda lakukan adalah upload setiap hari. Usahakan konstisten. Pagi siang malam masing-masing upload 3 foto.

Mengapa demikian? Agar feed Anda tetap berada di paling atas pada beranda mereka followers Anda. Jangan lupakan juga tentang Kualitas. Upload foto dengan kualitas yang terbaik dan mampu membuat mereka terhenti dan terpukau melihat foto yang Anda upload.

C. Caption dan Hastag.

Bukan hanya tentang sering upload aja. Anda juga harus memberikan caption dan hastag yang relevan agar mereka bisa menemukan instagram Anda.

Caption yang sesuai, itu wajib! Jangan Anda memberikan caption yang tidak sesuai dengan apa yang Anda upload. Sertakan juga copywriting agar mereka terpancing untuk membeli produk Anda.

Berikan juga hastag yang relevan. Jangan gunakan hastag berlebihan. Cukup 9 hastag dalam satu foto yang Anda bagikan. Jangan coba-coba menggunakan hastag yang tidak ada hubungannya dengan foto yang Anda bagikan.

Cukup Anda lakukan 3 hal di atas secara konsisten, maka Anda akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal..

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

2 thoughts on “Panduan Lengkap Jualan di Instagram Untuk Pemula Hingga Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *