Pengertian dan Tujuan Manajemen Akuntansi

Akuntansi merupakan suatu hal yang penting untuk bisnis Anda. Andaikata bisnis adalah sebuah bangunan, maka akuntasi merupakan pondasinya. Jadi, bila tidak ada akuntansi maka bisnis Anda tidak akan bisa berdiri.

Buat Anda yang baru memulai bisnis, penting sekali untuk Anda mempelajari manajemen akuntansi. Bahkan Anda yang sudah lama terjun di dunia bisnis, maka Anda juga perlu menambah wawasan mengenai manajemen akuntansi.

Pengertian Manajemen Akuntansi

Manajemen Akuntansi adalah kegiatan pencatatan, mengolah dan menyajikan data, dimulai dari transaksi serta peristiwa yang berhubungan dengan keuangan hingga terbentuknya laporan keuangan. Dalam Klasifikasi akuntansi memiliki tujuan dan kegunaan, kegiatannya tersendiri guna mencapai suatu informasi yang relevan.

Manajemen Akuntansi juga bisa dikatakan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap dana yang dipercayakan dalam sebuah perusahaan oleh para penyedia dana seperti pemegang saham atau investor. Oleh karena itulah menjadi hal yang penting untuk menyajikan informasi keuangan yang berkaitan dengan dana kepercayaan tersebut melalui proses akuntansi.

Supaya terpenuhi kewajiban dan hak dari masing-masing pihak yang berkaitan dengan kegiatan usaha sebuah perusahaan, akuntansi punya peranan yang sangat penting dalam suatu bisnis. Kemajuan sebuah bisnis dapat dilihat dari proses akuntansi bisnis tersebut.

Tujuan Manajemen Akuntansi.

Manajamen akuntansi juga punya tujuan yang baik untuk perusahaan Anda. Berikut ini beberapa tujuan manajemen akuntansi yang perlu Anda ketahui.

1. Menyediakan Informasi Keuangan Terkini.

Peran manajemen akuntansi yang paling mendasar tentu saja adalah kemampuannya dalam menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan dalam perusahaan Anda.

Semua data terkait keuangan akan tercatat dalam sistem akuntansi, sehingga memudahkan Anda dan karyawan untuk mengukur kondisi perusahaan. Karena itu sebaiknya Anda menyusun pembukuan dan rutin memperbarui datanya mulai sekarang.

Baca Juga: Tips Mudah agar Karyawan Anda Bahagia dan terus Berkarya

Selain itu informasi keuangan juga bertujuan untuk mempermudah mengambil keputusan yang tepat demi kelangsungan jalannya perusahaan. Sedangkan untuk pihak luar meliputi investor, rekan bisnis, kreditur dan pemerintah. Para eksternal seperti investor memiliki hak untuk melihat kondisi keuangan perusahaan apakah dalam kondisi stabil dan menguntungkan.

Sehingga ketika investor tersebut berinvestasi pada perusahaan bisa memberi imbal balik berupa dividen yang tinggi bagi dirinya. Hak rekan bisnis tidak jauh berbeda dari investor yaitu dengan tujuan memperoleh keuntungan dari hubungan kerja sama bisnis dalam perusahaan.

2. Identifikasi Data yang Relevan untuk Pengambilan Keputusan.

Manajemen Akuntansi juga berperan untuk menampilkan data yang relevan guna keputusan yang terdiri dari transaksi-transaksi dan kejadian dalam bisnis Anda.

Apabila berbicara mengenai transaksi atau kejadian, maka hal tersebut selalu berhubungan dengan tindakan yang telah di selesaikan, misalnya saja membeli barang. Kegiatan untuk membeli barang bukan merupakan transaksi, karena belum terlaksanakan. Dalam hal ini, kegiatan tersebut tidak dapat menjadi acuan sebagai transaksi akuntansi dan oleh karena itu tidak di proses lebih lanjut dalam akuntansi.

Baca Juga: Belajar Cara Sukses Memulai Bisnis Kuliner Kekinian

3. Sumber Informasi Kepada Pemakai Laporan

Laporan manajemen akuntansi yang di hasilkan dari sebuah sistem akuntansi yang beragam akan menimbulkan beragam laporan yang berbeda-beda tergantung pada pihak yang akan menggunakan laporan tersebut. Contohnya laporan keuangan, banyak pihak luar perusahaan yang menggunakan informasi keuangan tersebut.

Seperti pemegang saham, calon pemegang saham, kreditur, bank, pajak, dan lainnya. Umumnya, pihak-pihak ini tidak bisa secara bebas memperoleh informasi yang di inginkan. Informasi yang mereka dapat terbatas pada laporan yang di sediakan oleh manajemen perusahaan.

4. Alat Pengendali Keuangan

Melalui manajemen akuntansi, Anda bisa mengetahui segala data terkait keuangan. Dari data tersebut, informasi apa saja yang bisa Anda dapatkan? Apakah keuntungan perusahaan mengalami peningkatan selama beberapa tahun belakangan ini? Atau malah justru sedang mengalami penurunan?

Apakah seluruh customer telah melakukan pembayaran piutang tepat waktu? Berapa jumlah saldo yang Anda miliki saat ini? Informasi-informasi tersebut secara tidak langsung memposisikan akuntansi sebagai alat pengendali keuangan. Melalui identifikasi informasi keuangan yang diperoleh, Anda menjadi bisa melakukan evaluasi atau menilai performa bisnis Anda selama ini.

Itulah dia Pengertian dan Tujuan Manajemen Akuntansi. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mempelajari akuntansi untuk bisnis Anda. Silahkan share apabila artikel ini bermanfaat..

Sistem Akuntansi Otomatis, Tampilin data Hanya Sekali Klik! Pakai Beecloud aja.. Klik Disini

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)

Written by

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

2 thoughts on “Pengertian dan Tujuan Manajemen Akuntansi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *