Potensi Keuntungan Bisnis Konsultasi Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Internet menjadi ‘lahan’ terbaik untuk menjalankan bisnis apapun, tidak terkecuali bisnis konsultasi online. Bisnis tersebut menawarkan (menjual) jasa konsultasi bisnis dengan menggunakan internet (online). Dengan kata lain, Anda akan menjadi atau mempekerjakan konsultan untuk memberikan ilmu atau nasihat mengenai apapun yang berkaitan dengan bisnis online. Cakupan dari jasa ‘konsultasi’ tersebut luas dan tidak terbatas pada konsep-konsep tertentu, asalkan masih berkaitan dengan beragam hal yang perlu diketahui dalam bisnis online.

Sejak semakin banyaknya perusahaan maupun individu yang memanfaatkan internet sebagai tempat utama untuk melakukan transaksi ekonomi (barang dan jasa), hampir semua badan usaha saat ini membutuhkan operasi bisnis online. Peningkatan pengguna internet dan peluang bisnis yang kian besar membuat membuka penjualan barang dan jasa secara online adalah sebuah kewajiban. Seiring dengan perkembangan bisnis online tersebut, dibutuhkan semakin banyak jasa konsultasi bisnis online.

Tidak mengherankan jika peluang bisnis untuk menjadi pebisnis konsultasi online sangat besar mengingat pasar online yang semakin ramai. Semakin banyak perusahaan melakukan migrasi online, maka disinilah jasa konsultasi bisnis online sangat diperlukan. Potensi keuntungan dari bisnis ini cukup tinggi dan menjanjikan. Dengan demikian Anda tidak perlu meragukan potensi keuntungan menjadi konsultan bisnis online ketimbang menjadi konsultan bisnis non-online.

Tips Memulai Bisnis Konsultasi Online

Memulai sebuah bisnis pada umumnya selalu menjadi langkah yang dianggap sulit. Bagi pebisnis pemula, hal tersebut cukup beralasan. Banyak pebisnis pemula terlalu takut dan waspada dengan risiko bisnis yang akan ditekuni. Fokus lah kepada potensi keuntungan ketimbang pada risiko bisnis tersebut. Sama halnya dengan bisnis online, Anda harus melihat realita mengenai peningkatan pangsa pasar online dan menangkap peluang tersebut dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis konsultasi online.

1. Kapabilitas Individu dan Kualifikasi
Jika Anda memimilih untuk menjadi konsultan, Anda harus memanfaatkan kepabilitas individu Anda. Semakin spesifik bidang atau latar belakang pendidikan Anda maka semakin jelas jenis konsultasi yang Anda tawarkan. Misalkan Anda seorang yang memiliki kualifikasi di bidang manajemen konflik, maka Anda bisa menjadi konsultan spesial perkara konflik. Anda juga membutuhkan sertifikat atau kredensial sebagai seorang konsultan untuk lebih meyakinkan calon konsumen. Anda setidaknya mengetahui operasi bisnis online dan berbagai jenis praktiknya.

2. Kemampuan Komunikasi yang Baik
Mayoritas pekerjaan Anda akan dijalankan melalui pembicaraan dan penataran yang membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan menggunakan bahasa asing yang baik juga diperlukan. Seorang konsultan yang komuniktif lebih disukai ketimbang konsultan yang kaku. Komunikatif bisa berarti paham kapan menggunakan jokes (candaan) dan waktu jeda. Tentunya semua disesuaikan dengan konteks dan latar belakang klien Anda.

3. Jenis Konsultasi Spesifik
Semakin spesifik bidang konsultasi yang Anda tawarkan maka semakin mudah dan terfokus pekerjaan yang akan Anda jalani. Sesuaikan spesifikasi jenis atau bidang konsultasi yang Anda tawarkan dengan latar belakang keahlian yang Anda miliki. Kemudian pertimbangkan bidang tersebut dengan pangsa pasar dan potensi keuntungannya. Anda tidak mau memilih bidang yang spesifik tetapi calon pengguna jasa Anda sangat sedikit. Untuk memulai, Anda bisa memilih bidang konsultasi yang populer terlebih dahulu.

Jika Anda mengikuti tips dari Kami, maka Anda sudah satu langkah lebih maju dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan tips tersebut. Memanfaatkan peluang bisnis online bukan perkara sulit. Yang Anda butuhkan adalah kesiapan niat dan mental. Jangan lupa untuk banyak bergaul dengan kelompok atau orang-orang yang bergerak di bisnis konsultasi. Jangan ragu untuk meminta nasihat dan rekomendasi untuk menambah pengetahuan Anda sebelum memulai bisnis konsultasi online.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *