Punya Bisnis Restoran Baru? Inilah Strategi Pemasaran yang Wajib Anda Lakukan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
strategi pemasaran restoran baru

Strategi Pemasaran Restoran Baru – Saat ini sudah banyak pengusaha yang berlomba-lomba supaya restoran mereka ramai dan menguntungkan. Ada pula yang baru memulai sehingga butuh banyak waktu untuk belajar dan merintis. Tapi bagi Anda yang baru memulai, Anda tidak perlu khawatir apabila restoran Anda masih sepi pengunjung atau belum menguntungkan.

Apabila Anda punya restoran baru, maka hal yang pertama yang wajib dilakukan adalah mengenalkan restoran kepada calon pelanggan. Artinya, nantinya akan banyak orang yang mengunjungi tempat tersebut. Dengan menerapkan pemasaran yang menarik tentunya akan mendapat simpati dari beberapa pelanggan yang akan datang. Semakin bagus pemasaran maka akan semakin berdampak positif bagi restoran yang Anda kelola.

Beberapa Strategi Pemasaran yang Cocok untuk Usaha Restoran Baru

Bisnis kuliner seharusnya memiliki cara tersendiri dalam menawarkan produknya. Dengan begitu, produk restoran Anda akan cepat terkenal. Tapi, pada saat memasarkan bisnis harusnya melihat peluang yang dapat dimanfaatkan. Hal ini juga berlaku bagi pengusaha restoran yang masih baru. Berikut ini beberapa strategi pemasaran yang cocok untuk usaha restoran baru

1. Manfaatkan Endorsement

strategi pemasaran restoran baru
Gambar 1. Contoh Endorsement produk makanan

Teknik pemasaran restoran baru yang pertama adalah tentang Endorsement. Usahakan menggunakan endorsement yang murah meriah. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengendorse beberapa teman Anda di media sosial. Mintalah bantuan kepada teman Anda di media sosial untuk mempromosikan usaha baru Anda. Usaha ini terbilang efektif karena beberapa teman Anda yang memiliki ribuan teman di media sosial.

Atau jika Anda punya budget lebih, Anda bisa melakukan endorsement pada selebgram yang ada di instagram. Ini termasuk salah satu strategi ampuh yang bisa Anda lakukan. Tapi, Anda tidak boleh melakukan endorse sembarangan. Tipsnya Anda bisa melakukan endorsement pada selebgram yang memiliki minimal 50rb hingga 100rb followers.

2. Menyiapkan Tester

Selain memanfaatkan endorsement, strategi selanjutnya adalah mengenai tester. Agar pelanggan baru Anda mengetahui rasa dari menu yang disajikan, maka Anda bisa meminta mereka mencoba dahulu makanan tersebut. Jangan pelit untuk menyiapkan tester karena semakin banyak orang yang mencoba masakan Anda, semakin banyak pula orang yang membelinya. Tester juga tidak harus banyak, hanya perlu menyiapkan menu dalam porsi kecil.

3. Perbanyak Menu Anda

Menu adalah produk Andalan pada saat membuka restoran baru. Semakin banyak menu, maka akan semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan. Dengan menu yang banyak pada restoran Anda, akan memberikan banyak pilihan rasa pada makanan yang telah disajikan. Menu yang juga banyak membuat pelanggan merasa dimanjakan karena bisa membeli lebih dari satu jenis.

Selain menyajikan menu yang banyak, Anda juga bisa menyajikan menu-menu favorit pelanggan Anda. Anda bisa melakukan survey rerlebih dahulu untuk menemukan menu mana yang paling banyak diminati.

4. Adakan Giveaway

Salah satu strategi ampuh adalah dengan memberikan hadiah gratis kepada beberapa orang yang mempromosikan restoran Anda. Giveaway dengan syarat mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial atau online shop lainnya. Dengan giveaway maka akan bisa membuat banyak orang membagikan postingan Anda dan mereka akan menandai beberapa teman dalam postingan tersebut. Hal tersebut akan berdampak positif pada pemasaran restoran baru Anda.

5. Membuat Kemasan yang Menarik

Seperti yang sudah sempat saya bahas di artikel sebelumnya, bagaimana sebuah produk bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan? Jawabannya adalah kemasan. Jika usaha restoran Anda juga menyajikan makanan dengan kemasan, maka desain kemasan memiliki peran penting dalam kelangsungan bisnis Anda.

Buatlah desain kemasan yang keren dan mudah diingat oleh konsumen Anda. Gunakan juga kemasan yang kuat dan tidak mudah rusak. Desain kemasan ini bisa Anda padukan dengan berbagai warna yang menarik. Desain mempengaruhi daya tarik sebuah makanan. Dengan begitu, pelanggan baru akan beranggapan bahwa makanan yang Anda jual benar-benar sangat berkualitas.

Baca Juga: Kenapa Tampilan Desain Kemasan Produk Sangat Penting?

6. Mengandalkan Peran Influencer

Anda juga bisa mengandalkan para influencer di media sosial dan blog. Suruh mereka akan memasarkan restoran baru Anda agar lebih banyak dikenal orang. Tapi pastinya Anda wajib memberik mereka imbalan. Target pemasaran juga akan meluas karena pengunjung blog ataupun website tersebut dari beberapa wilayah yang tidak sama. Dan bisa terus bertambah viewnya.

7. Pelayanan yang Ramah

Pelayan adalah hal yang lumayan vital pada saat membuka restoran baru. Jika pelayanan kurang, kemungkinan pelanggan nggak bakal datang lagi ke restoran Anda. Pelayanan berbanding lurus dengan pemasaran. Jika pelayanan itu baik, maka akan menghasilkan pemasaran yang baik pula. Sehingga, usahakan Anda memiliki tim yang ramah dan dapat* bekerja secara profesional.

Seberapa terkenalkah restoran Anda? berapa pengunjung setiap harinya? Jika pengunjung sehari-hari semakin banyak, bisa dibilang pemasaran itu berhasil. Namun, hal ini tidaklah gampang dan memerlukan usaha lebih. Sehingga, Lakukan pemasaran dengan konsekuen dan terus menerus. Untuk pertanyaan dan tanggapan lebih lanjut, silahkan masukkan ke kolom komentar.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *