Sukses Omzet Milyaran dengan Layanan Profesional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Dalam sebuah perusahaan pastinya ingin selalu bisa meraih keuntungan pada setiap penjualan produknya, dengan begitu ia akan tetap selalu pada hidup di tengah kerasnya zaman.

Pertumbuhan ekonomi dan harga pokok bahan produksi yang terus melambung mengakibatkan diturunkannya beberapa komponen dari hasil produksi supaya tetap bisa menjual dengan harga yang kompetitif. Keprofesionalitasan dipertaruhkan.

Hal-hal seperti yang telah dijelaskan tersebut menjadi tantangan tersendiri di era globalisasi ini, bagaimana penjualan produksi perusahaan bisa tetap meningkat dengan pelayanan yang tetap pro dan optimal kepada para konsumennya. Tentu ini bukanlah perkara yang mudah. Beberapa strategi dan cara di bawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda sebagai solusinya.

Strategi Peningkatan Penjualan dengan Layanan Profesional

Supaya memudahkan Anda untuk belajar meningkatkan pelayanan agar profesional, berikut ini ada beberapa tips untuk Anda.

1. Perluas Target Pasaran

Supaya bisa tetap meraup banyak keuntungan, memperluas pasaran bisa menjadi jawabannya. Untungnya sangat jelas akan menjadi naik signifikan. Contohnya membuka cabang baru. Semula unit untuk penjualan Anda hanya ada di kota A dan B, peningkatan penjualan bisa dilakukan melalui cabang baru di kota C yang sebelumnya sudah dilakukan survey terlebih dahulu, tentang kebutuhan masyarakat terhadap produk perusahaan.

Meskipun nantinya Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun dengan riset dan survey tepat maka uang akan kembali dengan lebih cepat pula. Hal ini merupakan investasi jangka panjang, jadi sangat disarankan untuk dipikirkan dengan baik.

Baca Juga: Tips Mudah agar Karyawan Anda Bahagia dan Terus Berkarya

Intinya adalah tentang memperluas pasar. Jika Anda melakukan bisnis di dunia online, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai platform untuk memperluas pasar. Contohnya jika Anda hanya bermain di sosial media, maka Anda juga bisa memanfaatkan marketplace.

2. Program Promosi

Andaikata angka penjualan stagnan di kisaran angka sebesar itu saja karena bisa saja produk Anda kurang dikenal luas oleh masyarakat sekitar. Lakukan promosi dengan berbagai cara, misalnya lewat media sosial, memberikan promosi potongan harga, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mencoba melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

Contohnya adalah setiap membeli produk Anda dalam jumlah tertentu bisa mendapat potongan harga pada pihak ketiga tersebut. Tentunya harus ada syarat dan ketentuan berlaku. Teknik insentif pembelian juga bisa, misalnya setelah melakukan pembelian ke-5 maka berhak untuk mendapat potongan harga 30% di pembelian ke-6.

3. Perbaiki Pelayanan Terhadap Customer

Mungkin saja pelayanan yang sudah diberikan selama ini sesuai dengan standar, namun standar disini bukan berarti bisa mengena di hati para konsumen atau klien. Cara terbaiknya adalah dengan memperbaiki pelayanan secara terus menerus dan rebut hati para konsumen dengan profesionalitas kerja Anda beserta karyawan.

Contohnya Anda bisa memberikan pelatihan baru untuk para karyawan dengan SOP terbaru terkait pelayanan. Jika perlu silahkan buat ciri khas tertentu, supaya menjadi identitas yang akan membedakan pelayanan Anda dengan tempat usaha lain yang menawarkan produk yang sama atau sejenis.

4. Cepat Tanggap dan Komunikatif

Masih ada hubungannya dengan nomor sebelumnya, kepuasan para customer merupakan yang paling utama. Tentunya mereka akan tersentuh dan merasa senang bila pelayanan dilakukan dengan cepat dan tepat. Biasakan para karyawan Anda untuk selalu tangkas dalam melayani, bisa menjawab pertanyaan dengan baik, dan mampu mensugestikan jenis produk mana yang tepat untuk konsumen atau klien.

Tanggap tentunya bukan berarti membuat risih pelanggan. Banyak orang akan merasa terganggu dengan kehadiran shop keeper di sekitar mereka ketika memilih produk.

5. Program Loyalitas

Beda dengan promosi yang hanya dibatasi dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa mulai membuat program loyalitas yang bisa membuat pelanggan Anda bertahan dan selalu membeli produk Anda sepanjang tahun. Pada akhir tahun selalu ada akumulasi reward poin belanja, bila sampai pada batas tertentu, maka pelanggan akan mendapat penghargaan berupa hadiah.

Lima cara di atas bisa disesuaikan dengan jenis usaha apa yang Anda jalankan. Bila memiliki cara yang lain lagi, silakan tulis di kolom komentar.

Sekian dari saya, Terima kasih

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *