Teknik Promosi yang Tepat di Media Sosial

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
3 Manfaat Software Akuntansi Berbasis Cloud untuk Pemilik Usaha Kecil

Promosi tidak selalu bertatap muka dengan orang yang dituju. Akan tetapi, dapat juga menggunakan teknik lain, media sosial contohnya. Hal ini dikarenakan nyaris semua orang memakai media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, media sosial yang sangat gampang juga dapat digunakan untuk mengingkatkan omset bisnis Anda.

Tidak seluruh orang memiliki keberanian untuk mengutarakan promosinya. Ada juga sejumlah orang merasa malu untuk melakukan promosi. Salah satu penyelesaian tersebut adalah dengan memanfaatkan media sosial yang ada. Dengan begitu, cukup mengetikan produk yang kita tawarkan kemudian bagikan sebanyak mungkin. Beberapa teknik yang bisa dilakukan supaya promosi efektif antara lain:

1. Targetkan Pengguna Potensial

Target market potensial

Show Off barang yang Anda tawarkan untuk orang-orang yang membutuhkan barang tersebut. Sebab tidak semua menerima penawaran produk yang Anda berikan. Jadi memang harus lebih berhati-hati untuk mengirim postingan ke beberapa teman di media sosial. Kemungkinan teman yang tidak berminat tersebut menjadi tidak nyaman dengan postingan yang Anda berikan.

Anda bisa menambahkan beberapa teman di Facebook yang merupakan target market Anda. Jika Anda berjualan produk bayi, maka yang harus Anda tambahkan adalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang sudah melahirkan. Jika di Instagram, Anda bisa follow target market Anda untuk mendapatkan followback.

2. Menggunakan Hastag

Gunakan hashtag supaya produk Anda bisa dengan mudah ditelusuri oleh pelanggan. Caranya, ketika mengetikkan promosi barang dibawahnya berikan Hastag di depan satu kata. Contoh hashtag merupakan, #makan, #kuliner, #perhiasan dan lain-lain. Dengan fitur yang disediakan ini, maka pemakai bakal lebih mudah mengejar promosi produk Anda.

Usahakan hastag yang digunakan relevan. Gunanya, agar promosi yang Anda lakukan tidak sia-sia. Contohnya, jika Anda menjual kaos pria atau wanita, Anda bisa menggunakan hastag #jualkaospria #jualkaoswanita #jualkaossurabaya #kaossurabaya dan lainnya.

Gambar 2. Potensi mendapatkan followers dari hastag

3. Tandai Pelanggan, Jangan Acak

Fitur menarik di media sosial adalah Anda dapat menandai beberapa teman yang menjadi pelanggan setia Anda. Dengan begitu mereka akan tahu, apa yang baru dari produk yang Anda tawarkan. Tapi, jangan asal untuk menandai teman di dalam media sosial. Karena kemungkinan mereka akan merasa tidak nyaman dengan tanda yang di berikan secara acak.

Untuk lebih amannya, Anda bisa meminta persetujuan terlebih dahulu. Tujuannya, agar Anda terhindar dari unfriends atau unfollow. Jika Anda kehilangan mereka karena menandai sembarangan, maka promosi yang Anda lakukan akan sia-sia.

4. Foto Profil yang Sesuai dengan Produk yang Anda Jual

Jika orang membuka profil Anda, kebanyakan mereka bakal melirik foto profil terlebih dahulu. Mengganti foto profil dengan produk Anda, akan memberikan informasi produk apa yang Anda jual kepada mereka. Bisa jadi orang tersebut tertarik dan akan menjadi pelanggan setia. Sekurang-kurangnya, gantilah foto profil Anda satu minggu sekali. Karena akan membuat mereka berfikir banyak produk yang Anda tawarkan.

5. The Power of Copywriting

Kalau Anda tahu, Copywriting merupakan salah satu jurus menghasilkan penjualan hanya dengan bermodalkan kalimat. Jadi tugas Anda hanyalah membuat kalimat yang dapat menarik hati konsumen sehingga mereka melakukan pembelian produk Anda. Setiap pebisnis pasti belajar yang namanya copywriting.

Tipsnya gunakan kalimat yang efektif untuk menjual produk Anda. kalimat tidak harus panjang, akan tetapi memiliki kesan simpel dan berkesan. Kalimat tersebut dapat juga berisi desakan untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan. Jika pembaca merasa promosi itu menarik, bisa jadi mereka segera pergi ke tempat Anda.

Baca Juga: Langkah Awal Jualan di Instagram yang Menguntungkan

6. Jangan Menjelekkan Pesaing

Persaingan dalam dunia bisnis adalah hal yang biasa. Jangan menjelekan pesaing bisnis yang sama dengan Anda. Karena di media sosial Anda bakal mendapat bully an jika melakukan hal tersebut. Dan akan menyebabkan nilai jual produk Anda dapat turun drastis. Kejujuran adalahmodal utama dalam media sosial.

7. Berikan Respon dengan Cepat

Jika terdapat orang yang berkomentar di artikel Anda, maka segera balas karena bisa jadi mereka ialah pelanggan terbaru Anda. Jangan melalaikan pesan walaupun kebanyakan sekedar iseng. Oleh sebab itu, bersikaplah terbuka untuk para pelanggan baru dengan teknik merespon cepat.

Sudahkah promosi yang Anda kerjakan di media sosial cocok harapan Anda? apakan berhasil? Jika dirasa kurang, mungkin sejumlah langkah terdapat yang salah. Oleh sebab itu, Yuk berikan tanggapan dan komentar kita mengenai tulisan di atas! Sehingga tulisan diatas benar-benar memberikan guna positif kepada tidak sedikit orang.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *