Tips Agar Telaten Menjalankan Bisnis Online Shop Bagi Mahasiswa

Tips Agar Telaten Menjalankan Bisnis Online Shop Bagi Mahasiswa

Berbisnis untuk mahasiswa memang bukan lagi hal baru. Sudah banyak mahasiswa yang menjalankan berbagai macam bentuk bisnis bersamaan dengan kegiatan kuliahnya. Hal ini tentu menjadi nilai positif yang belum tentu semua orang bisa melakukannya.

Salah satu bisnis yang sedang digandrungi dan dijalankan oleh kebanyakan mahasiswa adalah online shop. Online shop memang banyak dipilih karena praktis untuk dijalankan. Kebanyakan tidak memerlukan modal yang besar dan aktivitas menjalankan online shop yaitu memegang gadget adalah kebiasaan mahasiswa zaman sekarang sehingga lebih mudah dilakukan.

Meski dapat dikatakan bisnis online shop adalah bisns yang cukup mudah dan murah, namun ternyata untuk tetap konsisten pada bisnis ini adalah hal yang cukup susah. Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa untuk mampu bertahan dengan bisnis ini di tengah jadwal kuliah yang padat. Untuk itu, berikut ini beberapa tips agar mahasiswa telaten menjalankan bisnis nya.

1. Mengatur Jadwal dengan Pasti antara Kuliah dan Bisnis.
Sebagai mahasiswa tentu memiliki kewajiban untuk kuliah. Namun, menjalankan bisnis di tengah-tengah jadwal kuliah juga bukanlah hal yang salah. Maka dari itu, keduanya harus berjalan beriringan dan tidak saling mengalahkan kepentingan yang lain.

Kuliah dan berbisnis bisa berjalan dengan lancar jika kita mampu mengatur jadwal kita dengan baik danrapi. Sebaiknya kita perlu membuat daftar waktu pada pukul berapa kita akan sepenuhnya berkonsentrasi dengan kuliah dan tugas-tugas dari dosen.

Lalu kita juga perlu memutuskan pukul berapa kita akan mengerjakan bisnis online shop kita. Biasanya untuk sebuah online shop, perlu adanya jam operasional admin, yaitu jam-jam di mana kita akan merepon pesan yang masuk dari pelanggan dan menjawab beberapa pertanyaan.

2. Tidak Bermalas-malasan.
Biasakan jangan suka bermalas-malasan. Apalagi tanggungan kita sebagai seorang mahasiswa yang berbisnis banyak sekali. Kita perlu mengatur waktu agar tidak sampai timbul perasaan bermalas-malasan. Harus ada motivasi dan keinginan dari diri sendiri sendiri untuk mengurangi perasaan malas.

Jika kita mulai merasa malas kita harus dengan segera membunuh perasaan malas tersebut. Kita harus bisa mengontrol diri sendiri agar bisnis online shop kita tidak ketetran dan tetap berjalan. Keduanya, antara kuliah dan bisnis online yang kita geluti sebaiknya sama-sama berjalan beriringan.

3. Kerjakan Online Shop yang Sesuai Ketertarikan.
Ada banyak sekali macam online shop tergantung dengan barang apa yang dijual. Terkadang, jika kita mengerjakan bisnis online shop dengan menjual sesuatu yang tidak berdasarkan ketertarikan kita, akan muncul perasaan enggan menggeluti bisnis kita sendiri.

Jika kita mengerjakan usaha yang menjual barang sesuai ketertarikan kita, maka kita bisa lebih antusias dan tidak akan bosan meskipun dilakukan setiap hari. Itulah keuntungan mengerjakan bisnis yang menjual barang yang sesuai dengan ketertarikan kita.

4. Utamakan Kepuasan Pelanggan.
Kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Tentu sebagai pengusaha kita semua setuju mengenai hal itu. Itulah yang perlu kita tanamkan baik-baik dalam diri kita bahwa kita wajib mendahulukan kepuasan pelanggan.

Dengan memiliki pemikiran bahwa kepuasan pelanggan adalah di atas segalanya, kita akan mampu mengontrol diri kita agar dapat bekerja maksimal dalam menekuni online shop ini.

5. Motivasi Diri Sendiri agar terus Bekerja Lebih Baik.
Satu-satunya orang yang dapat memotivasi diri kita untuk menjadi lebih baik adalah diri kita sendiri. Hal ini tentu perlu disadari semua orang bahwa memotivasi diri sendiri sangat penting untuk kemajuan bisnis kita.

Jangan sampai perasaan malas dan pesimistis membuat bisnis online shop kita berhenti dan tidak menghasilkan sama sekali.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *