Tips Mudah agar Karyawan Anda Bahagia dan Terus Berkarya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tips agar Karyawan Bahagia dan Terus Berkarya

Sebagai seorang atasan tentu saja bukanlah hal yang mudah. Begitu banyak tanggung jawab yang harus dipenuhi. Banyak sekali orang yang menggantungkan hidupnya di perusahaan yang dimiliki. Namun bukan berarti hal itu dapat membuat seorang pemimpin menjadi semaunya sendiri dalam berbagai urusan.

Sebab bisa jadi hal tersebut mempengaruhi kinerja dari para karyawan dan juga stafnya. Hal ini perlahan akan menimbulkan kerugian yang teramat besar pada akhirnya. Lingkungan kerja bisa juga menjadi tidak kondusif.

Sebuah perlakuan baik kepada staf dan karyawan juga harus dibutuhkan untuk meningkatkan loyalitas mereka terhadap sebuah perusahaan. Suasana kekeluargaan di tempat bekerja juga dengan sendirinya bisa terbangun, hal ini jelas sekali akan berdampak pada kinerja yang membaik dan meminimalisir persaingan dan membuat kreatifitas mereka semakin meningkat setiap harinya.

Bagaimana Cara Membuat Karyawan Terus Berkarya dan Bahagia?

Sedikit tips untuk Anda, agar perusahaan yang Anda pimpin memiliki karyawan yang berkualitas dan tentunya bisa menimbulkan kebahagiaan dalam bekerja. Berikut ini adalah Tips Mudah agar Karyawan Anda Bahagia dan Terus Berkarya

1. Berikan Insentif Setiap Bulan

Cara pertama untuk membuat karyawan Anda makin semangat dalam berkarya, berikanlah insentif setiap bulan dengan syarat tertentu. Misalnya, andaikata dalam satu bulan seorang karyawan tidak pernah absen dengan alasan apapun maka ia berhak mendapatkan uang insentif tambahan Rp 300.000,- per bulan.

Cara pertama ini cukup efektif dan terbukti karena seorang karyawan merasa bahwa apa yang telah mereka kerjakan terhargai. Semakin banyak bonus, bisa-bisa karyawan Anda bisa makin lebih bahagia.

2. Berikan Asuransi

Karyawan Anda adalah aset perusahaan yang perlu dilindungi. Apalagi bila pekerjaan yang digarapnya merupakan pekerjaan di lapangan yang lebih banyak bahayanya. Untuk meminimalisir pengeluaran perusahaan, Anda bisa mengimbangi dengan pemberian asuransi kesehatan dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Jadi tidak semua mendapatkannya.

3. Memberikan Tunjangan

Selebihnya berikanlah tunjangan tetap untuk karyawan Anda. Tunjangan disini biasanya diperuntukan untuk tunjangan istri, anak, transportasi, dan yang lainnya. Meski jumlahnya tidak begitu besar, namun karyawan akan merasa lebih diperhatikan kesejahteraannya.

4. Acara Family Gathering

Untuk mempererat kekeluargaan dan juga untuk menghilangkan ketegangan bekerja, Anda bisa mengadakan acara family gathering untuk seluruh karyawan Anda. Pilih salah satu tempat rekreasi yang santai dan buat acara seakrab mungkin. Sedikit tambahan dengan memberikan hadiah-hadiah kecil saat pelaksanaan family gathering juga merupakan ide yang baik.

Hal ini bisa membuat para karyawan merasa bahwa Anda merupakan pemimpin yang peduli dan rendah hati, mereka pun akan bekerja lebih baik lagi seterusnya.

Baca Juga: Belajar Bisnis: Memulai Bisnis Kuliner Kekinian

5. Jenjang Karir

Supaya bisa memicu semangat dan juga meningkatkan etos kerja, dengan memberikan jenjang karir itu sangat perlu. banyak orang yang ambisius dan memiliki tujuan pandangan hidup harus selalu maju pasti berlomba-lomba untuk bisa terus menanjak dengan karirnya. Begitu juga akan menghindarkan karyawan dari rasa bosan dan juga menghindarkan mereka dari rasa ingin berpindah pada pekerjaan lain.

Apabila banyak karyawan yang bosan dengan sistem kerja tanpa ada jenjang karir bisa dipastikan bahwa loyalitas dari kinerja mereka tidak akan meningkat. Bagi mereka, bekerja selama masa kontrak saja yang paling penting. Tidak perlu total dan membuat kemajuan atau prestasi tertentu karena tidak akan ada reward karir yang didapat.

6. Minimalisir Stress dan Konseling

Pekerjaan apapun pasti ada mudahnya dan ada juga sulitnya. Bila di masa sulit karyawan tertekan, ini akan berbahaya bagi produktifitas perusahaan Anda. Untuk mengatasinya, perlu adanya fasilitas konseling gratis yang diberikan untuk karyawan. Biasanya ini bisa diadakan pada bagian HRD.

Karyawan bisa bebas berbagi dan bercerita kapan saja kepada konselor mengenai masalah yang sedang dihadapinya. Ini akan benar-benar membantu meringankan beban karyawan, sehingga kinerja kembali lagi membaik.

Tips-tips di atas sangat berguna pasti. Cocok untuk Anda selagi pemimpin usaha dan juga karyawan perusahaan. Bagaimana menurut Anda?

Silahkan komen dibawah yaa 🙂

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)
Farhan Anggara

Farhan Anggara

Masalah itu datang karena tuhan menguji kita. Alasan kenapa tuhan memberi kita cobaan yang berat adalah sebab kita mampu menghadapinya~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *