Tips Sebelum Memulai Menjalankan Bisnis Retail Online

Tips Sebelum Memulai Menjalankan Bisnis Retail Online

Pada akhir tahun 2017, pemberitaan di berbagai media massa baik elektronik dan non-elektronik ramai memberitakan mengenai ‘bubarnya’ beragam gerai ritel. Ritel atau retail adalah aktivitas penjualan dan pemasaran (pada umumnya) barang dan jasa secara langsung kepada konsumen. Bisnis retail bukan berarti dan tidak selalu berupa toko kelontong atau mini market, hanya saja di Indonesia istilah ritel sudah identik dengan hal tersebut.

Banyak yang berpendapat, tutupnya banyak gerai ritel merupakan sebuah peringatan bahwa bisnis ritel tidak lagi se-menjanjikan pada dekade 90-an hingga 2000-an. Beragam pakar berpendapat bahwa tutupnya banyak gerai ritel diakibatkan oleh menurunnya daya beli masyarakat, eksistensi toko online dan digitalisasi, serta reposisi. Apapun penyebabnya, gerai ritel masih diperlukan masyarakat. Hanya saja, saat ini para pelaku bisnis ritel perlu melengkapi bisnisnya dengan bisnis online.

Para pelaku bisnis ritel memerlukan 2 versi dari bisnis yang dimilikinya, yaitu versi fisik dan versi online. Jika memang berani, para pelaku bisnis ritel bisa melakukan migrasi secara penuh ke bisnis ritel online. Realita kesibukan orang-orang di perkotaan membuat fitur online ritel kian diminati. Semakin sibuk seseorang maka semakin ‘malas’ orang tersebut untuk mengunjungi gerai ritel yang dituju.

Jika dicermati, banyak gerai yang berhenti beroperasi adalah gerai-gerai bisnis ritel yang bergerak di bidang fesyen. Apakah hal tersebut mengindikasikan bahwa kebutuhan fesyen masyarakat Indonesia berkurang? Jawabannya tidak juga, karena beragam situs web penjualan fesyen online masih eksis, bahkan dapat dibilang bertambah. Secara umum, memiliki dan mengelola website tidak memiliki biaya sebesar sewa gedung dengan beragam biaya yang terkandung di dalamnya.

Beberapa argumen terkait penutupan gerai convenience store internasional yang cukup populer sejak era 90-an mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia mengunjungi gerai mereka hanya untuk memanfaatkan fitur koneksi internet nirkabel (wi-fi) yang disediakan. Perilaku tersebut membuat terjadi ketidakseimbangan antara pembelian dan penjualan plus biaya sewa gedung dan jasa penyedia internet. Untungnya hal tersebut tidak terjadi dengan gerai ritel yang juga menyediakan internet plus penjualan kebutuhan dan alat rumah tangga.

Bisakah sebuah toko kelontong menyediakan fitur online? Jawabannya tentu bisa, fitur online toko kelontong ini sudah ada sejak lama, hanya saja belum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Dengan kesibukan di wilayah perkotaan yang semakin menjadi, fitur pesan antar yang sudah terintegrasi dengan situs online dari toko kelontong online akan mempermudah proses transaksi yang terjadi.

Tips Sebelum Memulai Menjalankan Bisnis Retail Online

Dengan menjalankan bisnis retail online, dapat Kita semua pahami bahwa Kita tidak memerlukan toko atau tempat fisik untuk berjualan. Dengan demikian Anda tidak akan menghadapi permasalahan berupa penentuan lokasi yang pas dan strategis. Anda juga tidak perlu dipusingkan dengan penataan, dekorasi, dan tampilan dari tempat Anda menyimpan stok barang Anda. Anda hanya perlu menyiapkan dan mengelola manajemen pergudangan.

Terdapat 2 hal utama yang bisa Anda prioritaskan ketika memulai bisnis ritel. Ke-2 hal tersebut adalah pelayanan dan pemasaran. Anda harus menyiapkan pelayanan yang prima dan tersedia dalam berbagai media sosial dan media komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Anda juga harus siap dengan pelayanan yang cepat dan hampir tidak mengenal waktu.

Untuk pemasaran dan promosi, manfaatkan dengan maksimal internet dan media sosial. Hampir tidak mungkin Anda bisa sukses dalam bisnis retail online jika Anda tidak menggunakan sama sekali media sosial. Lakukan promosi secara rutin dengan memanfaatkan media sosial. Bermurah hati dengan menyelenggarakan diskon di waktu-waktu tertentu. Anda harus benar-benar menguras kreativitas Anda dalam persoalan ini.

Banyak berbagi Banyak Rezeki :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *